Tribun Lampung Selatan

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, BPBD Ajak Masyarakat Gotong-royong Bersihkan Saluran Air

Plt BPBD Lampung Selatan M Darmawan mengatakan meski belum mulai masuk musim penghujan, ada baiknya warga mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, BPBD Ajak Masyarakat Gotong-royong Bersihkan Saluran Air
YouTube
Plt BPBD Lampung Selatan Muhammad Darmawan. 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan meminta pihak kecamatan dan desa untuk bisa menghimbau dan mengajak masyarakat melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan saluran-saluran air menjelang memasuki musim penghujan pada akhir tahun ini.

Plt BPBD Lampung Selatan M Darmawan mengatakan meski belum mulai masuk musim penghujan, ada baiknya warga mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir saat musim penghujan.

"Kita minta warga bisa bergotong royong membersihkan saluran-saluran air dari sampah dan rerumputan belukar. Terutama memang didaerah-daerah yang selama ini dikenal rawan banjir," terangnya, Rabu 30 Oktober 2019.

Darmawan mengatakan guna mengantisipasi adanya bencana, seperti banjir saat musim penghujan pada akhir tahun ini.

Pihaknya telah mensiagakan petugas dan sarana untuk tanggap bencana.

Berita Tribun Lampung Terpopuler Selasa, 29 Oktober 2019, Bejatnya Ayah Kandung Perkosa Anak Gadis

"Kalau untuk sarana, seperti tenda serta logistik untuk tanggap bencana kita sudah siapkan," kata Darmawan.

Dia menambahkan beberapa daerah di kabupaten Lampung Selatan memiliki tingkat kerawanan bencana banjir disaat musim penghujan.

Modus Jadi PSK Online Lampung, Setelah Transfer DP, Menghilang hingga Kontak Diblokir

Seperti di wilayah Tarahan dan Rangai Tritunggal di Katibung. Beberapa desa di kecamatan Candipuro dan Sidomulyo serta di wilayah kecamatan Sragi dan Palas serta Bakauheni.

Kemarau panjang yang terjadi saat ini berpotensi diikuti curah hujan yang tinggi disaat musim penghujan yang diperkirakan mulai akan terjadi pada bulan November mendatang.

"Jika kita melihat pengalaman dalam 10 tahun terkahir, biasanya kemarau panjang, akan diikuti musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi. Ini berpotensi adanya bencana banjir," ujar Darmawan. (tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved