Tribun Lampung Tengah

Pilkakam Serentak, Bupati Loekman: Jangan Terjadi Gesekan

Bupati Loekman Djoyosoemarto memastikan tak memihak kepada seluruh kontestan.dalam Pemilihan Kakam 7 November.

Pilkakam Serentak, Bupati Loekman: Jangan Terjadi Gesekan
Tribunlampung.co.id/Syamsir
Bupati Loekman Djoyosoemarto. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH - Bupati Loekman Djoyosoemarto memastikan tak memihak kepada seluruh kontestan.dalam Pemilihan Kakam 7 November.

Pernyataan itu diberikan di depan 567 calon kepala kampung (kakam) di sela kegiatan kesepakatan Pilkakam damai di Gedung Nuwo Balak dan Sesat Agung, Kamis (31/10).

Untuk itu, ia berharap semua calon dapat menjalankan proses berdemokrasi dengan sehat. "Saya tidak berpihak kepada siapapun semua (calon kakam).

Semua calon sama di mata saya, karena itu mari kita ciptakan suasana pilkakam serentak ini dengan menciptakan suasana yang kondusif," terang Loekman Djoyosoemarto.

Nessy Akan Lanjutkan Ronda Mustafa, Loekman Kirim Guru ke UGM

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh calon kakam, untuk dapat menjalankan demokrasi pemilihan kakam dengan tanggung jawab dan bermartabat, serta luber dan bersih.

"Agar saat pelaksanaan pilkakam serentak nanti tidak akan terjadi gesekan-gesekan, tetapi semua dapat hidup harmonis dan siapapun yang terpilih merupakan pimpinan kita bersama, kita harus hidup secara damai, sehingga Lampung Tengah menjadi kabupaten yang paling hebat dibanding kabupaten lainnya," pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Firdaus Rokain menerangkan, pilkakam serentak akan dilaksanakan di 168 kampung dengan menyertakan 572 calon.

Hasil Pemira PKS, Musa Ahmad Ungguli Loekman

Selain itu, kata Firdaus, terdapat 19 kampung yang jumlah calonnya lebih dari lima orang. Untuk calon yang lebih dari lima, PMK sudah melakukan seleksi tertulis beberapa waktu lalu, sehingga menjadi lima calon.

"Mulai tanggal 1 sampai 3 November merupakan masa kampanye, sedangkan tanggal 4 sampai 6 November merupakan masa tenang dan tanggal 7 November 2019, merupakan hari pemilihan," kata Firdaus Rokain.

Kapolres Ajun Komisaris Besar I Made Rasma mengingatkan kembali, bahwa sebelumnya ia telah melaksanakan Road show di tingkat kecamatan se-Lamteng tentang deklarasi damai dan penanda tangan integritas dan berkomitmen.

Made Rasma juga menegaskan, pihaknya akan menindak tegas bagi siapapun pihak yang diketahui memicu tindak kriminal, atau berusaha mengganggu kegiatan selama pilkakam berlangsung.

"Mari ciptakan Pilkakam Lampung Tengah damai dan kondusif. Kami tidak sungkan menindak oknum-oknum yang berusah merusak atau mengganggu jalannya Pilkakam," tegas I Made Rasma.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved