Tribun Way Kanan

Adipati Serahkan Kendaraan Operasional Kepada 3 SKPD di Way Kanan

Penyerahan kendaraan operasional dilakukan usai upacara peringatan hari kesehatan nasional, Senin 18 November 2019.

Adipati Serahkan Kendaraan Operasional Kepada 3 SKPD di Way Kanan
Tribunlampung.co.id/Anung
Adipati Serahkan Kendaraan Operasional Kepada 3 SKPD di Way Kanan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BLAMBANGAN UMPU - Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menyerahkan 1 Unit Mobil Damkar Ke SatPol PP, 1 Unit Truck Sampah Ke Dinas LH dan 1 Unit Truck Multi Guna Ke Bagian Umum‎, usai pelaksanaan upacara peringatan hari kesehatan nasional, Senin 18 November 2019.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden, perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Untuk bidang kesehatan, yang diprioritaskan membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”.

Selain itu mengenai tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Perbaikan dibidang kesehatan, dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB.

Terima kasih, dalam kurun waktu 5 tahun angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 %.

Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN telah dilaksanakan sepenuhnya.

Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata.

Selain itu, lima tahun kedepan pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu “paradigma sehat”, “penguatan akses pelayanan kesehatan”, dan “penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional” yang mengusung kegiatan promotif dan preventif.

Melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”, PIS-PK atau “Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga” dan NS atau “Nusantara Sehat”.

"Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah Stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar. kita juga masih dihadapkan pada kesulitan menyediakan obat dan alat kesehatan produk lokal yang murah dan berkualitas," ujarnya mengutip sambutan Menteri kesehatan, Dr Terawan.

"Saya minta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat," tukasnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved