Breaking News:

Tribun Tulangbawang Barat

Antisipasi Virus Jembrana, Disnak Tubaba Vaksinasi Ternak Sapi Bali

Antisipasi Virus Jembrana, Disnak Tubaba Vaksinasi Ternak Sapi Bali.Disnak) Tulangbawang Barat melakukan vaksinasi penyakit jembrana terhadap sapi

Tribunlampung.co.id/Ade Irawan
ilustrasi 

Antisipasi Virus Jembrana, Disnak Tubaba Vaksinasi Ternak Sapi Bali

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Dinas Peternakan (Disnak) Tulangbawang Barat melakukan vaksinasi penyakit jembrana terhadap hewan ternak sapi, Selasa (19/11).
Vaksinasi bertujuan untuk mengantisipasi mewabahnya virus menular pada hewan ternak sapi bali di wilayah setempat.

Penyakit jembrana merupakan salah satu virus penyakit hewan menular dari daerah Provinsi Bali. Penyakit jembrana dapat menyerang sistem kekebalan tubuh sapi, sehingga hewan tersebut rentan terhadap penyakit lainnya.

Disnak Lamsel Targetkan Vaksinasi Jembrana bagi 2.000 Sapi

Kabid Keswan Disnak Desie Andriyani, didampingi Kasi Keswan Irawan Sutrisno mengatakan, wabah penyakit jembrana bisa terjadi kapan saja dan bisa menimbulkan kerugian ekonomi yang tak terduga bagi peternak hewan sapi bali.

Karena itu, Disnak Tubaba keliling kecamatan di wilayah Tubaba untuk vaksinasi jembrana secara gratis. Penyakit jembrana bisa dikatakan masuk dalam daftar jenis penyakit hewan menular.

Adapun ciri-ciri hewan sapi yang terkena jembrana antara lain lemas, kurang nafsu makan, mengeluarkan cairan burning dari hidung dan mulut, serta bisa menyebabkan sapi ambruk.

"Karena itu kita lakukan vaksinasi untuk pencegahan dan pengulangan di setiap kecamatan di Tubaba," ungkapnya.

Ini Dia Gejala Klinis Penyakit Jembrana

Iwan Sutrisno menjelaskan, penanganan vaksinasi jembrana menjadi salah satu prioritas Disnak Tubaba. "Yang jelas melakukan pengendalian dan penanggulangan agar terjauh dari virus tersebut," paparnya.

Pengendalian dan penanggulangan penyakit jembrana harus dilakukan dinas peternakan, baik di tingkat provinsi dan pemerintah kabupaten kota.

Iwan Sutrisno menambahkan, Dinas Peternakan Tubaba pada tahun 2019 telah melakukan vaksinasi virus jembrana kepada hewan khusus ternak sapi bali sebanyak 1.800 ekor di dua kecamatan.

Adapun populasi sapi bali di wilayah Tubaba sekitar 3.000 ekor, dan tersebar di Kecamatan Gunung Agung dan Kecamatan Way Kenanga.

"Target vaksinasi tahun 2019 ini sekitar 1.800 ekor hewan sapi bali dan pada akhir tahun ini itu sudah tercapai semua target kita," tandasnya. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved