Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2020 Diproyeksi 5,6 Persen

Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mendukung upaya-upaya untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di 2020.

Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2020 Diproyeksi 5,6 Persen
Tribun Lampung/Kiki
Kepala KPW Lampung Bank Indonesia Budiharto Setyawan (kanan) dan Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto di sela Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Auditorium Bank Indonesia, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung pada 2020 mendatang diproyeksikan mencapai sebesar 5,6 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala KPW Lampung Bank Indonesia Budiharto Setyawan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Audoturium Bank Indonesia, Kamis (5/12/2019).

Menurut Budiharto, tahun 2019 yang dipenuhi dengan tantangan, terutama pengaruh ketidakpastian global, telah dilalui dengan cukup baik.

Namun, kegiatan ekonomi global yang melemah memengaruhi proyeksi pertumbuhan dunia pada tahun 2019 dan 2020.

Kendati demikian, pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan kinerja yang terbaik dengan memberikan prospek pertumbuhan ekonomi pada 2020 mengalami pertumbuhan di atas 5 persen atau sekitar 5,2 persen-5,6 persen.

"Ekonomi global masih diliputi oleh berbagai ketidakpastian. Kami yakin ekonomi Indonesia dan ekonomi Lampung pada khususnya masih memberikan prospek yang cukup baik hingga diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan 5,2 persen-5,6 persen," ujarnya.

Alirkan Gas Bumi ke Cafe Ternama di Lampung, PGN Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lampung

Pertumbuhan Ekonomi Lampung Nomor 2 di Sumatera

Kata Budiharto, beberapa faktor global masih menjadi tantangan perekonomian ke depan yakni masih berlangsungnya ketidakpastian tinggi akibat masih berlangsungnya konflik perdagangan dan perlambatan ekonomi global.

Sementara itu, pada 2020 ekonomi dunia secara global diproyeksi tumbuh di tingkat yang relatif membaik, meski masih berada di level yang relatif rendah yakni 3,1 persen (yoy).

"Dari sisi domestik, daya beli masyarakat diperkirakan akan tetap terjaga di tengah laju inflasi yang relatif terkendali," sebutnya.

Kemudian, lanjut dia, dengan Adanya Surat Keputusan Gubernur Provinsi Lampung Nomor G/776/V.07/HK/2019 tentang penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Lampung Tahun 2020 diperkirakan dapat meningkatkan pendapatan dan konsumsi masyarakat pada tahun 2020.

Halaman
12
Penulis: kiki adipratama
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved