Tribun Metro

Pemkot Diminta Selaraskan Pembangunan dengan Agenda Pusat

Komisi I meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro jeli dalam membuat dan menetapkan program pembangunan agar selaras

Pemkot Diminta Selaraskan Pembangunan dengan Agenda Pusat
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Ketua Komisi I DPRD Metro Basuki 

Pemkot Diminta Selaraskan Pembangunan dengan Agenda Pusat

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi I meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro jeli dalam membuat dan menetapkan program pembangunan agar selaras dengan agenda pemerintah pusat.

Ketua Komisi I Basuki menjelaskan, berkaitan dengan banyaknya anggaran pusat untuk pengembangan SDM, pariwisata, infrastruktur, dan lainnya, Pemkot Metro harus aktif jemput bola dan menyesuaikan RPMJD.

"Kita tahu ada puluhan triliun dana di kementerian-kementerian terkait pengembangan SDM. Itu selain stunting dan pendidikan ya. Masalahnya, bisa itu kita serap ke Kota Metro," bebernya, Minggu (8/12).

Menurutnya, untuk mendapat suntikan dana pusat salah satunya diperlukan program yang matching (sesuai dan sepadan) antara Pemda dan Kementrian yang dituju. Sehingga Pemkot Metro harus jeli.

DPRD Metro Dorong Pemerintah Sediakan Fasum Bagi Penyandang Disabilitas

"Kita kan tidak bisa mengandalkan APBD saja. Jadi bantuan apa dari pusat yang kita bisa dapat itu harus sesuai dan tertera dari rencana jangka pendek, menengah, dan panjang dalam APBD," bebernya.

Ia mencontohkan, Metro pernah menghadap Kementerian PUPR, tapi karena tidak menerima RPJMD yang sesuai, akhirnya tidak mendapat bantuan. Pun demikian dari Kemenkominfo.

"Kita mau dapat support untuk bantuan smart city. Tapi tidak ada pendampingan dana. Misal kemudahan mengakses internet dan lainnya. Jadi support dana kita belum mencapai untuk mendapat bantuan smart city itu," tandasnya.

Ia menambahkan, pusat tidak mungkin memberikan dana bantuan jika daerah saja tidak memberikan dana support yang memadai untuk program yang dituju. "Kan gak mungkin kita di sini saja menyiapkan dana sedikit cuma mau minta dana besar dari pusat," terangnya.

Artinya, terus Basuki, harus sinkron, support system wajib sesuai dan sepadan. Sehingga Metro bisa mendapat dana triliunan yang telah disiapkan pusat untuk mengembangkan SDM, pariwisata, infrastruktur, dan lainnya di daerah-daerah.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved