Tribun Bandar Lampung

Kadiskes Bandar Lampung Ungkap 800 Kasus DBD Terjadi di Bandar Lampung Sepanjang 2019

Kadis Kesehatan (Kadiskes) Bandar Lampung Edwin Rusli mengungkapkan, sepanjang Januari hingga Desember 2019, setidaknya ada 800-an kasus DBD terungkap

Kadiskes Bandar Lampung Ungkap 800 Kasus DBD Terjadi di Bandar Lampung Sepanjang 2019
tribunlampung.co.id/sulis setia m
Kadiskes Bandar Lampung Edwin Rusli Ungkap 800 Kasus DBD Terjadi di Bandar Lampung Sepanjang 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Kesehatan (Diskes) Bandar Lampung terus melakukan antisipasi penyakit terutama penyebaran demam berdarah dengue (DBD) sejak masa pancaroba hingga memasuki musim penghujan ini.

Kadis Kesehatan (Kadiskes) Bandar Lampung Edwin Rusli mengungkapkan, sepanjang Januari hingga Desember 2019, setidaknya ada 800-an kasus DBD terungkap.

"Meskipun ditemukan sekitar 800-an kasus sepanjang 2019, Alhamdulillah tidak ada yang meninggal. Itu kasusnya positif semua," terang Edwin diwawancara media usai hadir di ruang rapat Semergou Bandar Lampung, Senin (9/12/2019).

Edwin menerangkan, kasus ini juga mengalami penurunan dibandingkan 2019 lalu. Termasuk di tahun lalu ada temuan penderita DBD yang meninggal dunia.

"Dulu ada yang meninggal satu orang, tapi kalau sekarang Alhamdulillah tidak ada," jelasnya.

Lanjut Edwin menyatakan bahwa penurunan kasus tersebut dinilai lantaran kesadaran masyarakat di Bandar Lampung sudah mulai tinggi.

Kenali Perbedaan Demam Dengue dan DBD, Gejala dan Pencegahannya

"Dan dengan adanya puskesmas kelurahan siap membantu. Jadi ada apa-apa langsung lapor ke kita dan langsung ditanggapi," ucapnya.

Diskes melalui puskesmas-puskesmas juga menurutnya telah meminimalisasi penyebaran DBD melalui mengoptimalkan pelaksanaan fogging (pengasapan) di kecamatan-kecamatan.

Terutama di kelurahan yang dinilai endemis DBD.

"Kita sudah laksanakan fogging untuk mengantisipasi itu, tersebar di 20 kecamatan. Jadi sebelum masyarakat ada yang mengadu memang kita laksanakan fogging," beber dia.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved