Januari 2020, Bandara Radin Inten II Lampung Ujicoba Embarkasi Haji Penuh

Berdasarkan surat keputusan kemarin, beberapa persyaratan tersebut memang belum ada. Jadi kami minta persyaratan ini untuk dipenuhi secepatnya

Januari 2020, Bandara Radin Inten II Lampung Ujicoba Embarkasi Haji Penuh
(KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA)
Januari 2020, Bandara Radin Inten II Lampung Ujicoba Embarkasi Haji Penuh 

BANDAR LAMPUNG, TRIBUN - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan siap mewujudkan embarkasi penuh haji tahun 2020. Karena itu, ia siap memenuhi semua persyaratan yang diminta pihak Kementerian Agama RI.

Arinal menyebut, embarkasi penuh haji dari Bandara Radin Inten II Lampung menjadi keharusan. Sebab, 90 persen dari 9,7 juta jiwa masyarakat Lampung beragama Islam.

"Jadi harus difasilitasi dan dipermudah untuk kepentingan peribadahannya. Penduduk Lampung ini terbesar nomor dua di Sumatera dan 90 persennya muslim," bebernya saat menerima kunjungan kerja Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI di Kantor Pemprov Lampung, Senin (16/12).

Arinal juga menyatakan, jika urusan embarkasi haji penuh ini menjadi urusannya.

"Jadi saya menyatakan siap untuk memenuhi persyaratannya. Karena ini menyangkut 90 persen kepentingan umat beragama di Lampung," tegasnya lagi.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Mizar Ali menuturkan, Pemerintah Provinsi Lampung harus penuhi tiga persyaratam untuk wujudkan embarkasih penuh haji 2020.

"Tentunya, atas nama Kemenag RI kami menyambut baik dan mendukung penuh embarkasi haji ini. Namun kami tetap menanyakan komponen syarat yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi itu di antaranya, mempersiapakan instrumen landing system, uji coba keamanan dan keselamatan, dan izin prinsip.

Mizar Ali mengatakan, beberapa persyaratan tersebut harus segera dipenuhi oleh Pemprov Lampung.

Bahkan, ia menargetkan pada Januari 2020 mendatang uji keamanan dan keselamatan harus dilaksanakan.

Halaman
123
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved