Libur Tahun Baru 2020

Tips Aman Berkendara dan Komponen Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mudik Naik Motor

Mempersiapkan kondisi sepeda motor yang prima sebelum mudik, salah satu bagian dari keselamatan berkendara atau safety riding.

Tips Aman Berkendara dan Komponen Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mudik Naik Motor
tribunlampung.co.id/dedi sutomo
Ilustrasi - Tips Aman Berkendara dan Komponen Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mudik Naik Motor. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Berikut tips aman berkendara dan komponen penting yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan Mudik menggunakan sepeda motor.

Mempersiapkan kondisi sepeda motor yang prima sebelum Mudik, salah satu bagian dari keselamatan berkendara atau safety riding.

Supervisor Bengkel Rosyad Motor M Rizki Rustandi mengatakan, ada beberapa komponen penting untuk menjaga motor agar tetap dalam kondisi prima saat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Rizki Rustandi mengimbau, kepada para peMudik yang akan melakukan perjalanan selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, untuk mengecek terlebih dahulu beberapa komponen penting yang ada di sepeda motornya.

"Bagi teman-teman yang akan melakukan aktivitas Mudik memasuki libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, hendaknya mengecek beberapa komponen penting," ungkap Rizki Rustandi kepada Tribun, di Bengkel Rosyad Motor Kampung Baru Bandar Lampung, Minggu (22/12/2019).

Rizki Rustandi menyebutkan, tips aman berkendara saat melakukan perjalanan Mudik menggunakan sepeda motor, ada 6 komponen penting yang perlu diperhatikan sehingga membuat motor selalu prima saat digunakan.

Tips Aman Berkendara Mobil dan Motor

Di antaranya, tekanan angin ban, kondisi busi, rantai atau V-belt, rem, oli mesin, dan nyala lampu.

Rizki Rustandi menjelaskan, tekanan angin ban yang tidak sesuai standar dapat membuat pengendara kurang nyaman bahkan bisa membuat motor kehilangan kendali.

Tekanan angin ban yang baik untuk berkendara sendiri maupun berboncengan, yaitu di kisaran 29 psi (Pounds per Square Inch) untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang.

Selain itu, kata Rizki Rustandi, berkendara dengan jarak tempuh yang cukup jauh, juga harus memastikan kondisi busi dalam keadaan prima.

Karena, lanjut Rizki Rustandi, busi menjadi komponen vital motor atau kendaraan dalam perjalanan jauh.

Halaman
1234
Penulis: kiki adipratama
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved