Tanya Dokter

Apa Itu Batu Ginjal, Penyebab Batu Ginjal dan Gejala yang Ditimbulkan Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal

Apa Itu Batu Ginjal, Penyebab Batu Ginjal dan Gejala yang Ditimbulkan Penderita Batu Ginjal
Tribunlampung.co.id/Resky Merta
dr Asih Hendrastuti. Apa Itu Batu Ginjal, Penyebab Batu Ginjal dan Gejala yang Ditimbulkan Penderita Batu Ginjal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Berikut penjelasan apa itu batu ginjal, penyebab batu ginjal, gejala yang ditimbulkan penderita batu ginjal dan pengobatan batu ginjal. Penyakit Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Apa itu batu ginjal?

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal.

Dokter Praktik Umum di Bandar Lampung dr Asih Hendrastuti mengatakan Batu ginjal merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pengendapan.

“Pengendapan tersebut terjadi sedikit demi sedikit dan menggumpal dibagian ginjal dan lama kelamaan akan berbentuk seperti batu,” kata Asih Hendrastuti, Kamis (26/12/2019).

“Awalnya endapan tersebut hanya berbentuk butiran butiran kecil tetapi lama lama ia akan menyatu dan berbentuk batu mba.”

Apa penyebab batu ginjal sebenarnya?

“Batu ginjal dapat disebebkan oleh beragam kondisi, seperti kurang minum air putih, berat badan berlebih, atau akibat efek samping operasi pada organ pencernaan,” ujar Asih

Endapan batu di dalam ginjal bisa juga disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Batu ginjal dapat berpindah dan tidak selalu berada dalam ginjal, Perpindahan batu ginjal, terutama yang berukuran besar, akan mengalami kesulitan menuju ureter yang kecil dan halus hingga kandung kemih, lalu dikeluarkan melalui uretra.

Halaman
123
Penulis: Resky Mertarega S
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved