Tanya Dokter

Apa Itu Gigi Berlubang, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Mencegah Gigi Berlubang

Gigi Berlubang adalah kondisi di mana manusia mengalami kerusakan pada bagian gigi yang diakibatkan oleh bakteri (karies).

Apa Itu Gigi Berlubang, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Mencegah Gigi Berlubang
Shutterstock
Ilustrasi sakit gigi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Gigi Berlubang adalah kondisi di mana manusia mengalami kerusakan pada bagian gigi yang diakibatkan oleh bakteri (karies). Gigi Berlubang bisa menyebabkan nyeri yang biasa disebut Sakit Gigi.

Gigi Berlubang terjadi karena karies menyerang bagian jaringan keras pada gigi hingga menyebabkan warna kehitaman. Bagaimana mencegah Gigi Berlubang?

Dokter Praktik Umum di Bandar Lampung, dr Endang Budiati, mengatakan gigi berlubang disebabkan oleh pola hidup dari penderitannya yang kurang mampu menjaga kebersihan mulut.

Oleh karenanya, gigi berlubang dapat dicegah dengan cara rajin membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan dan minuman yang tertinggal di dalam rongga mulut.

“Gigi berlubang bisa disebut dengan gigi keropos yang disebabkan adanya radang pada gigi tersebut karena bakteri, itu semua penyebabnya karena kurang menjaga higienis pada mulut,” ujar Endang, kepada Tribunlampung.co.id. Kamis (26/12/2019).

“Pencegahannya dapat dilakukan dengan cara menggosok gisi setiap sesudah makan dan mau tidur,” tambahnya.

Masih kata Endang, ia menjelaskan meski gigi berlubang bukan merupakan jenis penyakit mematikan, namun gigi berlubang dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius.

“Ya, cukup berbahaya karena letak mulut bedekatan dengan sejumlah organ penting seperti mata, otak lain-lainnya. Gigi Berlubang masuk ke-10 penyakit terbesar penanganannya di puskesmas, jadi penyakit ini secara penangannya jadi prioritas juga dan harus ditangani dengan serius,” ujar Endang.

“Tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan radang tenggorakan, radang otak,” sambungnya.

Apa gejala Gigi Berlubang?

Halaman
1234
Penulis: Tama Yudha Wiguna
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved