Tanya Dokter

Apa Itu Infeksi Telinga, Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Infeksi Telinga

Infeksi Telinga adalah penyakit yang disebabkan oleh masuknya virus atau bakteri yang menyerang bagian sebelum gendang telingan

Apa Itu Infeksi Telinga, Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Infeksi Telinga
Nakita.grid.id
Ilustrasi. Apa Itu Infeksi Telinga, Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Infeksi Telinga 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Infeksi Telinga adalah penyakit yang disebabkan oleh masuknya virus atau bakteri yang menyerang bagian sebelum gendang telinga manusia atau pada sekitaran tengah telinga.

Infeksi Telinga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan cendrung ke arah nyeri hal ini diakibatkan peradangan yang terjadi di bagian tersebut. Apakah Infeksi Telinga membahayakan?

Dokter Praktik Umum di Bandar Lampung, dr Endang Budiati, mengungkapkan umumnya Infeksi Telinga terjadi dikarenakan adanya radang pada bagian telinga.

“Tapi harus dipastikan dulu dengan melakukan pemeriksaan sebab telinga ini sendiri dibagi menjadi tiga bagian yakni luar, tengah dan dalam. Tapi biasanya jika Infeksi Telinga terjadi peradangan di bagian tengah telinga,” pungkas Endang, kepada Tribunlampung.co.id. Kamis (26/12/2019).

Labih lanjut, dr Endang menerangkan Infeksi Telinga dapat mengakibatkan ketulian pada penderitannya.

“Jika radang yang terjadi mengenai gendang telinga dan mengakibatkan penderitannya mengalami pecahnya gendang telinga dan tidak segera diobati, maka bisa berakibat vatal dan mengalami ketulian,” terangnya.

Oleh karenannya, ia berharap agar penderita Infeksi Telinga dapat segera melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan).

“Ya jadi harus cepat diobati, supaya gendang telingan tersebut bisa segera menutup kembali dan ketulian dapat dihindarkan,” imbuh dr Endang.

Apa faktor risiko Infeksi Telinga?

Umumnya Infeksi Telinga dialami oleh anak-anak hingga remaja, kondisi ini disebabkan bagian telinga yang terbilang masih sangat sempit. Sehingga terjadinya penumpukan cairan pada bagian yang terinfeksi.

Halaman
1234
Penulis: Tama Yudha Wiguna
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved