Tanya Dokter

Apa Itu Kurap? Berikut Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kurat dapat menyebar melalui sentuhan antar kulit manusia.

Shutterstock
Ilustrasi. Apa Itu Kurap? Berikut Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kurat dapat menyebar melalui sentuhan  antarkulit manusia. Umumnya kurap menjangkit lewat kuku, tubuh bagian atas, selangkangan paha, kaki, dan juga kepala. Lalu bagaimana mengobati kurap?

Identiknya kurap bersisik dan menimbulkan warna kemerah-merahan serta rasa gatal.

“Gatal pada kurap ini karena terjadinya peradangan pada kulit dan kurap juga menjadi salah satu penyakit kulit menular,” papar dr praktik umum di Bandar Lampung, Endang Budiati, kepada Tribunlampung.co.id. Kamis (26/12/2019).

Kurap mucul diakibatkan adanya jamur yang berkembang biar di permukaan kulit penderitannya.

“Ya, kurap umumnya sering menjangkit daerah yang lembap semisal ketiak, leher dll. Intinya jangan berbagi barang pribadi seperti handuk, baju kepada orang lain lebih-lebih pada penderita kurap itu sendiri,” lanjutnya.

Kucing Umur Satu Bulan Terserang Kurap

Apa Itu Kudis, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Kulit Kudisan

Apa gejala awal kurap?

Seseorang yang terkena kurap akan merasakan gatal pada bagian kulit, menimbulkan bintil-bintil merah atau ruam di permukaan kulit serta bersisik.

Ruam tersebut dapat melebar atau berkelanjutan, hingga perlu dilakukan penanganan khusus.

Namun jika Kurap bersarang di bagian kepala, tidak menutup kemungkinan rambut penderitannya dapat mengalami kerontokan, luka kecil serta bernana.

Apa itu penyebab dan faktor risiko kurap?

Penyebab awal terjangkitnya kurap yakni masih sama seperti pada penyakit kulit lainnya, yakni terdapatnya jamur di permukaan kulit, di mana jamur tersebut melakukan penyebaran spora.

Orang yang tingga secara berkelompok atau bersama-sama memiliki risiko terjangkit kurap lebih besar.

Bagaimana pengobatan kurap?

Anda dapat segera melakukan konsultasi kepada dokter, agar segera mendapatkan obat resep antijamur dan dokter juga nantinya pasti akan meresepkan obat anti gatal untuk mengurangi efek pada jamur tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved