Tribun Lampung Utara

Curah Hujan Tinggi, Warga Lampung Utara Dekat Sungai Diimbau Waspada

Pj Sekretaris Kabupaten Lampung Utara Sofyan mengingatkan masyarakat yang bermukim di dekat aliran sungai untuk siaga dalam musim hujan.

Curah Hujan Tinggi, Warga Lampung Utara Dekat Sungai Diimbau Waspada
Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Ilustrasi - Banjir di Kelurahan Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara, pada Senin, 18 Februari 2019 lalu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Pj Sekretaris Kabupaten Lampung Utara Sofyan mengingatkan masyarakat yang bermukim di dekat aliran sungai untuk siaga dalam musim hujan.

"Dari hasil pantauan rekan-rekan di lapangan, debit air di beberapa sungai di Lampung Utara mengalami kenaikan akibat curah hujan yang tinggi. Jadi masyarakat yang sering terkena dampak banjir diharapkan selalu waspada,” kata Sofyan, Kamis (2/1/2020).

Sofyan menyebutkan, daerah Kali Umban, Muara Jaya, Sindang Sari, Rawa Karya, dan Tanah Miring Kota Alam termasuk rawan banjir.

Sofyan juga mengimbau kepada BPBD Lampung Utara untuk terus memantau perkembangan debit air sungai yang mulai meninggi.

"BPBD sudah kita instruksikan untuk memantau perkembangan debit air sungai dan daerah-daerah berdampak banjir di Lampung Utara,” katanya.

Hujan Deras Tandai Beroperasinya Flyover Untung Surapati-RA Basyid

Banjir Kepung Jakarta hingga Bekasi, Sejumlah Ruas Jalan Lumpuh

Rumah Artis Kebanjiran di Jakarta, Yuni Shara Pakai Boots hingga Kulkas Rian DMASIV Hanyut

Kepala BPBD Lampura Karim SR mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk memantau lokasi rawan banjir sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia meminta masyakarat di kawasan dataran rendah dan bantaran kali agar terus waspada mengingat curah hujan semakin tinggi.

"Untuk logistik masih aman. Apabila nantinya terjadi banjir dan logistik yang ada kurang, kami akan melakukan koordinasi dengan pimpinan," ujarnya.

Debit air Bendungan Way Rarem di Desa Pekurun masih normal dengan elevasi 54.24.

"Namun pada musim hujan saat ini, kemungkinan meningkatnya debit air bendungan bisa terjadi," kata Kepala Sub UPB Way Rarem Provinsi Lampung Irianto.

"Ya kalau sekarang debit air di Way Rarem masih dalam keadaan normal. Namun tetap akan kami pantau karena kemungkinan debit air di bendungan akan mengalami peningkatan akibat curah hujan yang tinggi,” katanya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved