VIDEO Jet Tempur Rafale Milik Ferancis Akan Dibeli Menhan Prabowo Gantikan Pesawat F- Tiger

Indonesia dikabarkan berminat membeli 48 pesawat jet tempur Rafale dari Perancis. Kabar ini diberitakan oleh situs berita Perancis, La Tribune pada 17

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Indonesia dikabarkan berminat membeli 48 pesawat jet tempur Rafale dari Perancis. Kabar ini diberitakan situs berita Perancis, La Tribune pada 17 Januari lalu.

Menurut La Tribune, dikutip KompasTekno, Selasa (21/1/2020), minat pemerintah Indonesia membeli jet tempur Rafale diutarakan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan ke Perancis.

Rafale merupakan jet tempur multirole buatan Dassault Aviation.

Pesawat bermesin ganda (twin-engine) tersebut memiliki ciri khas sayap delta dan canard (sayap kecil) di depan bagian bawah kokpit.

Pesawat ini telah memiliki banyak pengalaman di medan perang, seperti di Afghanistan, Libya, Mali, Irak, dan Suriah.

VIDEO Kesultanan Selaco di Tasikmalaya Keturunan Padjajaran

VIDEO Jembatan Gantung di Bengkulu Putus, 4 Orang Tewas dan 6 Hilang

VIDEO KSAD Andika Perintahkan Prajurit dan Jajaran Jangan Coba-coba Selingkuh

Pesawat tempur Dassault Rafale terlihat di Terminal Selatan Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/8/2018). Dassault Rafale adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Perancis.

Nama Rafale sendiri sudah didengung-dengungkan bakal diboyong ke Indonesia, sejalan dengan dipensiunkannya armada pesawat F-5E/F II Tiger milik TNI-AU, pada 2015 lalu.

Selain Rafale, kandidat pengganti F-5E/F II TNI AU antara lain adalah F-16 Block 60 dari Amerika Serikat, Su-35 dari Rusia, Eurofighter Typhoon dari konsorsium Eropa, serta Saab Gripen oleh Swedia.

Dassault Rafale sendiri sudah beberapa kali mampir ke Indonesia di pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Yang pertama dalah pada 2015 lalu.

Saat itu, Angkatan udara Perancis sempat mendemonstrasikan kebolehan jet tempurnya itu.

Kemudian pada 2018, Rafale AU Perancis kembali singgah di Halim Perdanakusuma, bersamaan dengan pesawat angkut Airbus A400M yang kabarnya juga diminati oleh pemerintah RI.

Pada 209, tujuh Rafale Angkatan Laut Perancis melakukan pendaratan darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, akibat cuaca buruk.

Selain pesawat jet tempur Rafale, La Tribune juga memberitakan pemerintah Indonesia tertarik membeli kapal selam Scorpene. (Artikel ini telah tayang di medan.tribunnews.com)

 Videografer Tribunlampung/Gusti Amalia)

Penulis: Gusti Amalia
Editor: Romi Rinando
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved