Tribun Lampung Selatan

Sambut Penerbangan Perdana Umrah dari Lampung, Bandara Radin Inten II Siapkan Lounge Umrah

Dalam untuk meningkatkan pelayanan Umrah, Bandara Radin Inten II Lampung Selatan menyiapkan fasilitas khusus berupa ruang (lounge) Umrah.

Sambut Penerbangan Perdana Umrah dari Lampung, Bandara Radin Inten II Siapkan Lounge Umrah
tribunlampung.co.id/noval andriansyah
Ilustrasi - Sambut Penerbangan Perdana Umrah dari Lampung, Bandara Radin Inten II Siapkan Lounge Umrah. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Dalam untuk meningkatkan pelayanan Umrah, Bandara Radin Inten II Lampung Selatan menyiapkan fasilitas khusus berupa ruang (lounge) Umrah

Eksekutif GM Angkasa Pura II Cabang Radin Inten II Lampung, Asep Kosasih Samapta mengatakan, pihaknya telah selesai membangun gedung tersebut. 

"Iya sudah selesai dibangun, jadi lounge Umrah itu kami bangun kemarin di tahun anggaran 2019 akhir, melalui melalui anggaran Badan Layanan Umum (BLU) APBN dan sudah selesai," kata Asep Kosasih saat dikonfirmasi Tribunlampung.co.id, Rabu (12/2/2020).

Asep Kosasih mengungkapkan, pembangunan gedung tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah Umrah di Bandara Internasional kebanggaan masyarakat Lampung tersebut. 

"Maksud pembangunan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa, khususnya yang akan melakukan ibadah Umrah," ucap Asep Kosasih.

Penerbangan Umrah Langsung Lampung-Jeddah Pangkas Biaya Rp 3 Juta dan Waktu 1,5 Jam

Artis Lucinta Luna Dipanggil Mas Fattah saat Dihadirkan Dalam Jumpa Pers di Polres Jakarta Barat

Bali Mendadak Diserbu Warga Negara China Minta Izin Tinggal Keadaan Terpaksa karena Virus Corona

BREAKING NEWS Polisi Dikabarkan Tangkap Oknum PNS Bawa Sabu 1 Kg di Bandar Lampung

Saat ini, menurut Asep Kosasih, gedung tersebut sedang dalam proses instalasi interior gedung oleh pihak konsesi. 

"Sudah saya konsensikan, sewakan dengan BUMD. Jadi mereka (BUMD) yang (menyelesaikan) interiornya, karena kewajiban kami menyediakan gedung kosong saja. Interiornya, skemanya dari teman-teman konsesi yang akan menyiapkan sudah on progress infonya," terang Asep. 

Gedung seluas 380 meter persegi tersebut, kata Asep Kosasih, diperkirakan dapat menampung satu kloter jamaah Umrah atau sekitar 130 jamaah.

"Gedung seluas 380 meter persegi itu sudah ditambah pelataran. Kapasitasnya mudah-mudahan satu kloter cukup. Karena kami memanfaatkan aset yang tidak terpakai, kami rekognisi semaksimal mungkin, dan memang existing Bandara Radin Inten II tidak terlalu luas," tandas Asep Kosasih.

Asep Kosasih memaparkan, fasilitas yang tersedia di antaranya fasilitas penunjang, seperti ruang tunggu, ruang pertemuan, dan dilengkapi alat presentasi.

"Interiornya ada seperti bangku, AC, tempat salat, presentasi, dan fasilitas penunjang lainnya. Sementara ini saya declear untuk Umrah saja," jelasnya. 

Nantinya, lanjut Asep Kosasih, lounge Umrah tersebut memiliki pintu dan akses sendiri yang terpisah dengan terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang umum.

"Lokasinya terpisah dengan terminal, tepatnya berdampingan dengan gedung kargo dan berhadapan dengan gedung BMKG Radin Inten II," jelasnya. 

Terkait dengan penamaan gedung tersebut, Asep Kosasih mengatakan, belum ada nama khusus untuk gedung tersebut, tetapi untuk saat ini pihaknya menggunakan istilah lounge Umrah.

Rencananya, kata Asep Kosasih, gedung lounge Umrah ini akan mulai dioperasikan dalam menyambut penerbangan perdana Umrah pada 9 Maret 2020 mendatang. (Tribunlampung.co.id/Ahmad Robi) 

Penulis: ahmad robi ulzikri
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved