Tanya Dokter

Tanda-tanda Luka Bakar, Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Luka Bakar

Luka bakar adalah kondisi di mana manusia mengalami suatu trauma pada kulit atau jaringan sekitarya yang disebabkan oleh suhu, bahan kimia, listrik.

Tanda-tanda Luka Bakar, Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Luka Bakar
Tribunlampung.co.id/Tama Yudha Wiguna
Ilustrasi. Tanda-tanda Luka Bakar, Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Luka Bakar. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG – Luka bakar adalah kondisi di mana manusia mengalami suatu trauma pada kulit atau jaringan sekitarya yang disebabkan oleh suhu, bahan kimia, listrik, atau maupun radiasi. Luka bakar tidak hanya menimbulkan luka, kendati bisa mengakibatkan terjadinya cedera. Lalu, apa itu luka bakar, tanda-tanda, penyebab dan bagaimana cara penanganan luka bakar?

Dokter Ahmad Farishal mengungkapkan, luka bakar terbagi menjadi empat derajat atau level. Kendeti penderita luka bakar dianjurkan untuk segera mendatangi klinik atau pelayanan kesehatan terdekat.

Hal itu untuk segera mendapatkan pertolongan pertama pada luka bakar.

“Karena luka bakar harus dilihat dari derajatnya dan setiap derajat memiliki tata laksana yang berbeda-beda. Jika luka bakar ringan derajat level 1, mungkin hanya memerlukan olesan salap atau dibersihkan,” kata Farishal, kepada Tribunlampung.co.id, Rabu (15/1/2020).

“Namun bila derajat 2 sampai 4, itu level nya darurat dan berbahaya. Jadi segera melakukan konsultasi dan perawatan,” sambungnya.

Tanda-tanda Infeksi Saluran Kemih, Kenali Cara Pencegahan dan Cara Obati Infeksi Saluran Kemih

Tanda-tanda Kanker Lambung, Pencegahan dan Cara Obati Kanker Lambung

Tanda-tanda Penyakit Auditory Processing Disorder, Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

Tanda-tanda Radang Gusi, Kenali Penyebab Radang Gusi dan Cara Mengobatinya

Dokter yang juga bertugas di Puskesmas Simpur, Bandar Lampung tersebut meminta, penderita luka bakar tidak menganggap remeh hal ini. Pasalnya, luka bakar dapat menghancurkan kulit tubuh.

“Karena kulit manusia itu sendiri, memiliki fungsi untuk mengganti cairan dan dapat menimbulkan dehidrasi akibat hilangnya kulit,” pungkas Farishal.

Selain itu, membuat kotor pada area luka bakar sangat tidak dianjurkan.

“Jangan sampai luka itu diolesi oleh pasta gigi, kopi dan lain-lain. Lebih baik membuatnya tetap seteril dengan menyiramkan air dingin, bila nanti timbul gelembungan seperti bola biarkan saja nanti akan hilang atau pecah dengan sendirinya,” paparnya.

“Setelah itu, segera datang ke pelayanan kesehatan terdekat,” sambungnya

Halaman
123
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved