Tribun Bandar Lampung

Ajak Komunitas Jaga Lingkungan, Zero Waste Lampung Punya Program Tanam 1.000 Pohon

Menginisiasi gerakan pelestarian lingkungan dengan program tanam 1.000 pohon merupakan program unggulan komunitas Zero Waste Lampung.

Dokumentasi Zero Waste Lampung
Komunitas Zero Waste Lampung. Ajak Komunitas Jaga Lingkungan, Zero Waste Lampung Punya Program Tanam 1.000 Pohon 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mengajak dan bergerak bersama komunitas di Lampung dalam menjaga lingkungan merupakan tujuan Zero Waste Lampung berdiri.

Menginisiasi gerakan pelestarian lingkungan dengan program tanam 1.000 pohon merupakan program unggulan komunitas Zero Waste Lampung.

Founder Zero Waste Lampung sekaligus Penggerak Program 1.000 Pohon, Rizkia Meutia Putri menginisiasi gerakan ini atas dasar kondisi hutan Indonesia yang memprihatinkan.

Oleh sebab itu, ia melihat peluang penggerak muda di Lampung dalam menjalankan gerakan 1.000 pohon.

"Indonesia menjadi Negara terbesar kedua penyumbang sampah di dunia, dan juga kondisi hutan yang semakin berkurang dari waktu ke waktu. Dan di kondisi lain, Lampung punya potensi anak-anak muda yang memiliki empati yang tinggi terhadap lingkungan terbukti dengan banyaknya komunitas lingkungan di Lampung, namun masih bergerak terbatas hanya pada komunitasnya masing-masing,"

Belajar Trik Baru dari YouTube, Komunitas Parkour Lampung

Galang Beras untuk Panti dan Pondok, Komunitas Pasukan Amal Soleh Lampung Bergerak di Bidang Sosial

Pasien Positif Corona di Lampung Jadi 8 Orang, Satu Pasien Corona di Bandar Lampung Wafat

Kebun Karet di Desa Jayasakti Mesuji Terendam Banjir, Warga Gagal Menyadap Karet

"Sehingga apabila anak-anak muda Lampung disinergikan dalam frekuensi yang sama, maka akan memberikan dampak dan manfaat yang lebih besar lagi dengan konsep kolaborasi," jelas Rizkia, Minggu (30/3).

Tidak hanya terbatas untuk komunitas bidang lingkungan dan anak muda, Zero Waste Lampung memiliki visi yang lebih besar.

Melalui gerakan 1.000 pohon diharapkan menginspirasi anak-anak muda, komunitas, organisasi, pelaku usaha, dan instansi pemerintah untuk melakukan kolaborasi dalam mewujudkan Lampung dengan lingkungan sehat yang lebih baik dengan melibatkan elemen masyarakat.

Tidak hanya aksi penanaman pohon. Dalam gerakan 1.000 pohon, komunitas ini melakukan kegiatan edukasi, pengembangan soft-skill, dan hidup sehat.

"Kegiatan kami antara lain penanaman bibit pohon, edukasi melalui seminar dan workshop tentang lingkungan, eco-brick, eco-enzyme, upcycle things, marine debris, menggalang donasi Karhutla 2019, kemampuan pembangunan soft-skill, senam, dan donor darah," tutur Rizkia.

Halaman
12
Penulis: Debby Rizky Susilo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved