Kasus Corona di Indonesia

Wabup Pati Relakan 2 Hotel Miliknya Jadi Tempat Isolasi Selama Pandemi Corona

kedua hotelnya itu akan digunakan untuk menampung para tenaga medis, orang dalam pemantauan (ODP), hingga para pelaku perjalanan.

DOK Pemkab Pati
The Safin Hotel 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PATI - Wakil Bupati Pati, Jawa Tengah, Saiful Arifin, merelakan dua hotel berbintang miliknya untuk dijadikan tempat isolasi warga. 

Dua hotel milik Saiful yang dijadikan tempat isolasi adalah The Safin Hotel  yang berada di Jalan Diponegoro, Pati, Jawa Tengah dan Bumi Ciherang Hotel di Cianjur, Jawa Barat.

Saiful Arifin selaku pemilik The Safin Hotel mengaku telah menyiapkan dua hotel milik pribadinya untuk penanganan Covid-19 karena prihatin banyak penolakan dari masyarakat.

"Orang yang akan dikarantina tidak datang seperti tamu hotel pada umumnya, melainkan harus ada rekomendasi dulu dari dinas terkait maupun kepala desa. Nantinya juga harus melewati Tim Gugus Covid-19 dulu di bagian depan," jelas Saiful.

Selama dua bulan ke depan, sambung Saiful, kedua hotelnya itu akan digunakan untuk menampung para tenaga medis, orang dalam pemantauan (ODP), hingga para pelaku perjalanan.

Surya Paloh Pinjamkan Hotel Bintang Lima untuk Penanganan Corona

Mudik ke Klaten, Pria Ini Langsung Isolasi Diri Bikin Kemah di Pinggir Sungai

Dua Jenderal Polri dan TNI Isi Jabatan Komisaris di Pelindo I

Pemudik Minta Maaf Setelah Bertemu Bupati karena Kritik Fasilitas Ruang Isolasi

Saiful pun menyebut selama batas itu pula pihaknya tak menerima tamu reguler.

"Banyak yang kesulitan mencari tempat tinggal lain, karena stigma negatif. Oleh karena itu The Safin Hotel siap menawarkan fasilitas bagi tenaga medis, masyarakat, maupun pemudik untuk isolasi selama 14 hari. Pelaksanaannya sesuai SOP," terang Saiful selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

Hingga saat ini, persiapan sudah optimal, baik dari front office, housekeeping, keamanan.

Sementara tenaga medis ditugaskan dari Dinas Kesehatan setempat untuk selalu stand by.

Pun demikian juga diterjunkan psikolog untuk memberikan dukungan supaya mereka tidak stres saat dikarantina.

"Kami sudah siap semuanya dan bagi yang bertugas kami bekali dengan alat pelindung diri. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," kata Saiful.

Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah mempersiapkan sebanyak 119 kamar di salah satu hotel berbintang tiga sebagai fasilitas isolasi mandiri selama pandemik Covid-19.

Ratusan kamar di "The Safin Hotel" yang berlokasi di jalan Diponegoro, Kota Pati tersebut disulap menjadi ruang privat untuk mengarantina warganya.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, penyediaan ratusan kamar hotel tersebut untuk memperbanyak fasilitas ruang isolasi mandiri di wilayah Kabupaten Pati.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved