Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel

Kenali Stres dan Gejalanya, Dapat Dikonsultasikan di Rumah Sakit Imanuel Way Halim

Stres dapat dialami oleh semua orang. Saat ini masih banyak pandangan bahwa stres sama dengan gangguan jiwa. Sebenarnya, apakah stress itu??

Istimewa
Kenali stres dan gejalannya, dapat di konsultasikan di Rumah Sakit Imanuel Way Halim 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Stres dapat dialami oleh semua orang. Saat ini masih banyak pandangan bahwa stres sama dengan gangguan jiwa. Sebenarnya, apakah stress itu??

Secara garis besar, stres bisa diartikan sebagai reaksi atau respon seseorang (baik fisik atau psikologis) terhadap situasi/masalah yang dihadapi.

Situasi/masalah ini disebut sebagai stresor atau sumber stres. Stres adalah suatu hal yang wajar dan dapat dialami oleh siapa saja.

Lalu, bagaimana dengan gangguan jiwa? Stres berbeda dengan gangguan jiwa. Akan tetapi, bila stress yang dialami tidak dapat ditangani dengan baik, maka bisa menimbulkan gangguan jiwa.

Stres itu ada yang positif ada yang negatif. Stres yang positif akan memotivasi individu untuk melakukan aksi/langkah-langkah tertentu untuk mengatasi stres tersebut.

Stres positif ini bisa berupa sesuatu yang sebenarnya menyenangkan, misalnya akan menikah, saat masuk kuliah pertama kali, ataupun pada saat akan melahirkan pertama kali.

Sebaliknya, stres negatif adalah stres yg tidak menyenangkan, atau tingkat stres nya cukup berat sehingga individu merespon secara negatif.

Contohnya adalah stres saat kehilangan pekerjaan, stres putus pacar, stres bercerai, stres di masa pandemi Corona, dan lain-lain.

Tahap-tahapan stress terdiri dari : Tahapan stress awal disebut tahapan siaga, pada tahap ini biasanya stres direspon secara fisik sehingga sedikit banyak ada terjadi perubahan pada tubuh, misal maag kambuh, sering sakit kepala, jantung berdebar-debar. Selanjutnya, ada tahap perlawanan.

Pada tahap ini adaptasi terhadap stres terus dilakukan individu, tapi bisa jadi kurang berhasil. Lalu mulai terjadi perubahan pola pikir, emosi, atau perilaku. Perubahan ini mungkin akan tampak di mata orang terdekat.

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved