Breaking News:

Idul Adha 2020

Kanwil Kemenag Lampung Belum Bisa Pastikan Pelaksanaan Salat Idul Adha 2020 di Situasi Pandemi

Kanwil Kemenag Lampung tengah melakukan koordinasi dengan Pemprov Lampung terkait pelaksanaan salat Idul Adha 2020 atau 1441 H di Lampung.

Istimewa
Kakanwil Kemenag Lampung Juanda Naim. Kanwil Kemenag Lampung Belum Bisa Pastikan Pelaksanaan Salat Idul Adha 2020 di Situasi Pandemi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Lampung Juanda Naim tengah melakukan koordinasi dengan Pemprov Lampung terkait pelaksanaan salat Idul Adha 2020 atau 1441 hijriah di Lampung.

Terlebih, diakuinya saat ini situasinya masih di tengah pandemi Covid-19.

"Kita sudah melayangkan surat untuk audiensi dengan Pak Gubernur mengenai pelaksanaan salat Idul Adha di Lampung," terang mantan Kepala Kemenag Lampung Selatan itu kepada Tribunlampung.co.id melalui sambungan telepon, Senin (13/7/2020) petang.

Secara teknis, kata Juanda Naim, Menteri Agama RI memang sudah merilis panduan penyelenggaraan salat Idul Adha 2020 dan Kanwil Kemenag Lampung sendiri sudah memiliki konsep terkait pelaksanaannya.

Namun, Juanda Naim belum bisa merilis konsep tersebut, mengingat perlu dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Gubernur Lampung.

"Untuk salat Idul Adha di Lampung apakah di lapangan, di masjid, atau karena kondisi Covid-19 biarlah masyarakat dan forkopimda salat di tempatnya masing-masing, belum bisa saya pastikan. Ini belum fix," imbuh Juanda yang perdana masuk sebagai Kakanwil Kemenag Lampung hari ini.

Jadwal dan Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Menyambut Hari Raya Idul Adha 2020

 BREAKING NEWS Tim KPK Mendadak Datangi Kantor Bupati Lampung Selatan, Diduga Lakukan Penggeledahan

 ABK Asal Lampung yang Tewas di Kapal China Belum Bisa Pulang, Polisi Ungkap Kendalanya

 Jembatan Permanen Penghubung 2 Kecamatan di Pringsewu Mulai Dibangun

Sebelumnya, pantauan Tribunlampung.co.id, Senin (13/7/2020), melalui laman instagram @kemenagkotabandarlampung, panduan salat Idul Adha mengacu pada Surat Edaran Menag Nomor 18 tahun 2020.

Diunggah pada 5 Juli 2020, dalam panduan dikatakan, jika salat Idul Adha 2020 maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah dan harus memperhatikan protokol kesehatan.

Namun, ada pengecualian untuk tempat yang dianggap masih belum aman dari Covid-19.

Salat Idul Adha boleh dilakukan di lapangan atau masjid atau ruangan dengan persyaratan.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved