Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel

dr. Indah Puspajaya, Sp. M Jelaskan Penyebab Mata Merah

Mata merah dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah trauma, benda asing, infeksi, peradangan, dan alergi. Mata merah karena trauma dan b

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Mata merah dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah trauma, benda asing, infeksi, peradangan, dan alergi. Mata merah karena trauma dan benda asing biasanya diawali dengan riwayat trauma sebelumnya. Mulai dari sekedar kelilipan, kena goresan ringan sampai trauma berat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mata merah dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah trauma, benda asing, infeksi, peradangan, dan alergi. Mata merah karena trauma dan benda asing biasanya diawali dengan riwayat trauma sebelumnya. Mulai dari sekedar kelilipan, kena goresan ringan sampai trauma berat.

Apabila Anda mengalami hal ini sebaiknya memeriksakan diri, karena meskipun lukanya dapat sembuh ada kemungkinan terjadi infeksi yang perlu penanganan khusus. Jika mata Anda merah tetapi tidak ada riwayat trauma sebelumnya, besar penyebabnya adalah akibat infeksi. Infeksi ini dapat ditimbulkan oleh virus, bakteri, dan parasit.

Penyakit mata merah yang kerap kali terjadi adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus jenis adenovirus. Jenis penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dengan mengandalkan daya tahan tubuh kita.

Untuk pengobatan awal, Anda dapat menggunakan tetes air mata buatan yang dijual bebas di apotek, istirahat cukup dan makan dengan gizi seimbang.

Jangan lupa bahwa infeksi virus biasanya mudah menular jadi sebaiknya sering cuci tangan terutama setelah menyentuh daerah mata agar tidak menular kepada anggota keluarga lain di rumah.

Apabila setelah 3 hari tidak ada perubahan, sebaiknya Anda berobat karena diperlukan obat tambahan dari dokter mata yang sesuai dengan kondisi saat itu. Jangan menggunakan tetes mata dengan label kuning yang seringkali dapat dibeli di apotek sendiri.

Obat-obat ini berisi anti radang yang awalnya seolah mengurangi keluhan, tetapi malah menekan daya tahan tubuh kita.

Obat jenis ini tidak boleh dipakai bebas karena dapat membuat penyakit infeksi menjadi lebih berat dan juga disertai efek samping  seperti glaukoma dan katarak. Tentunya kita tidak mau bukan hal ini terjadi?

dr. Indah Puspajaya, Sp. M mengatakan, infeksi mata merah juga dapat terjadi pada pengguna lensa kontak. Infeksi pada pengguna lensa kontak, biasanya jenis infeksinya agak berbeda dengan non-pengguna.

Pada pengguna lensa kontak, infeksi akibat bakteri dan jamur lebih sering terjadi. Karena ketika memasang lensa kontak, artinya mata dimasuki oleh benda asing. Jika tangan Anda tidak bersih pada saat menggunakannya, maka bakteri dan jamur akan dengan mudah masuk ke dalam mata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved