Pilkada Serentak 2020

Bawaslu RI Temukan Indikasi Abuse of Power, Salah Satunya di Lampung

Bawaslu RI telah mendapatkan laporan adanya penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) di tiga daerah di Sumatera.

Penulis: hanif mustafa | Editor: Noval Andriansyah
Tribunnetwork via Sripoku.com
Tribunnetwork akan menggelar diskusi soal itu dengan tema "Pilkada Hebat ditengah pandemi Covid-19", Selasa (28/7/2020) secara virtual. Bawaslu RI Temukan Indikasi Abuse of Power, Salah Satunya di Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah mendapatkan laporan adanya penyalahgunaan kekuasaan (Abuse of Power) di tiga daerah di Sumatera.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bawaslu RI Abhan dalam Konvensi Pilkada Serentak 2020 se-Sumatera "PILKADA HEBAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19", Selasa 28 Juli 2020 malam.

Abhan mengatakan potensi pelanggaran dalam tahapan pemilu pada masa pandemi Covid-19 ini banyak bersumber dari calon pertahana.

"Yaitu bantuan sosial disalahgunakan untuk politik praktis, memang kita sadari bersama masyarakat dalam pandemi ini membutuhkan bantuan, tapi kami harapkan bahwa bantuan ini murni bantuan," ujarnya, Selasa (28/7/2020).

TONTON JUGA:

Abhan pun berharap para calon pertahana ini tidak menyalahgunakan kekuasaannya melalui bantuam sosial demi politik praktis.

"Nanti setelah penetapan calon, jika ada calon pertahana melanggar peraturan sanksinya jelas yakni pidana ataupun diskualifikasi," tegasnya.

 BREAKING NEWS Lakalantas Tunggal, Truk Colt Disel Angkut 20 Orang Warga Lampura Masuk Jurang

 BREAKING NEWS Miliki Sabu, Warga Bandar Lampung Diganjar 6 Tahun Bui oleh Hakim

 BREAKING NEWS Antisipasi Kelangkaan, Dinas Perdagangan Lamteng Gelar Operasi Pasar Gas 3 Kg

 Lihat Keponakan Tiduran sambil Main Ponsel, Sang Paman Ajak ke Kolam Ikan dan Kebun Cabai

Abhan pun mengaku pihaknya telah mendapatkan temuan ditiga daerah di Sumatera.

"Seperti di Bengkulu ada dua, lalu Riau dan Lampung (juga) ada. Untuk indek kerawanan Sumatera ini tertinggi, khusunya di Sumatera Barat ini mulai dari aspek sosial hingga panedmi itu rawan," tuturnya.

Abhan menambahkan, daerah yang memiliki kerawan tinggi ini menjadi sebuag peringatan.

"Maka Bawaslu mengatur pencegahan sehingga potensi didaerah yang rawan ini tidak terjadi seperti yang kami khawatirkan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arif Budiman mengatakan jika KPU didaerah khususnya wilayah Sumatera sudah siap melaksanakan pilkada ditengah pandemi ini.

"Pertama regulasi harus siap dan ditata baik. Kedua sumber daya manusia, sampai tahapan hari ini saya pastikan sudah siap semua. Ketiga anggaran, sampai 208 daerah transfernya sudah kedaerah dan hanya beberapa daerah yang hanya 40 persen transfermya. KPU saat ini menyiapkan rekap," ucapnya.

Arif pun menyadari Pilkada 2020 memang agak berbeda dengan Pemilu sebelum adanya Pandemi Covid 19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved