Breaking News:

Dinas Koperasi Lampung Tunggu Juknis Dana Stimulus UMKM

Dinas KUMKM Lampung telah melakukan tahap penginputan data terkait jumlah UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 ke pemerintah pusat.

Ist
Ilustrasi - Kementerian Koperasi akan mengucurkan dana stimulus sebesar Rp 2,4 juta untuk pelaku UMKM. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Lampung Agus Nompitu mendukung rencana pemerintah pusat menyalurkan dana stimulus bagi pelaku UMKM.

Agus menjelaskan, saat ini Dinas KUMKM Lampung telah melakukan tahap penginputan data terkait jumlah UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 ke pemerintah pusat.

“Berkiatan bantuan tunai itu untuk modal Rp 2,4 juta untuk UMKM, untuk itu kami dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten baru pada tahap yang diminta data UMKM. Kita sudah input data tersebut ke pemerintah pusat,” jelasnya saat dihubungi Tribunlampung.co.id, Rabu (12/8/2020).

“Jadi kita sudah kirim data UMKM, termasuk juga transportasi online yang terdampak Covid-19,” tambahnya.

Cair Agustus, UMKM Dapat Dana Stimulus Rp 2,4 Juta

Gubernur Arinal: Bangkitkan Koperasi dan UMKM Lampung

50 Orang Di-tracing dari Wabup Edward Anthony

Pasutri Dokter di Lampung Positif Covid-19 Pasca Pulang dari Palembang

Namun, kata Agus, pihaknya belum menerima juknis, tata cara, dan kriteria pencairan dana stimulus tersebut.

“Saya dengar dalam waktu dekat juknisnya ini akan disegerakan. Setelah juknis tersebut jelas, daerah-daerah pasti tidak akan bertanya apa saja kriterianya,” terangnya.

Agus menjelaskan, Dinas KUMKM Lampung juga telah menhimpun sejumlah UMKM maupun pelaku usaha yang terdamapak Covid-19.

“Kita sudah kirimkan sekitar 5.000 pelaku usaha mikro dan transportasi online yang terdampak. Terdiri dari 3481 UMKM, 80 koperasi, dan 2.130 pelaku usaha transportasi online,” bebernya.

“Harapan kita bagi pelaku UMKM pemberian bantuan langusng tersebut untuk modal kerja. Kami tunggu bagaimana juknisnya,” terangnya.

Terkait pernyataan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki bahwa bantuan tersebut cair pada pertengahan Agustus, Agus menegaskan akan menunggu juknisnya.

“Kalau Pak Menteri bilang pertengahan Agustus, berarti dalam waktu dekat ini. Kita akan tunggu juknis dan bagaimana realisasinya dari pemerintah pusat. Kemungkinan pasca 17 Agustus. Lebih cepat lebih baik,” pungkasnya. (Tribunlampung.co.id/Ahmad Robi)   

Penulis: ahmad robi ulzikri
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved