Rumah Sakit Imanuel Lampung

Lina Agustina Ungkap Cara Cegah Penularan dan Penyebaran Virus Covid 19

Lina Agustina, S.Kep., Tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) Rumah Sakit Imanuel Way Halim menjelaskan cara pencegahan penularan dan penyebara

ist
Lina Agustina, S.Kep., Tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) Rumah Sakit Imanuel Way Halim menjelaskan cara pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang “Apa saja yang harus dilakukan jika kita mencurigai diri kita sendiri tertular Covid-19”, Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Covid-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Lina Agustina, S.Kep., Tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) Rumah Sakit Imanuel Way Halim menjelaskan cara pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang “Apa saja yang harus dilakukan jika kita mencurigai diri kita sendiri tertular Covid-19”, Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.

Covid-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia.

Anda dapat mengurangi resiko penularan amupun penyebaran Covid-19 dengan melakukan beberapa langkah kewaspadaan, seperti :

1.      Sering mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, atau dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol untuk membunuh virus di tangan Anda.

2.      Menjaga jarak minimal 1,5 - 2 meter dengan orang lain.

Karena ketika seseorang batuk, bersin, atau bicara, orang tersebut mengeluarkan percikan dari hidung dan mulutnya.

Percikan ini dapat membawa virus. Maka jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan Virus Covid-19 jika orang tersebut terinfeksi penyakit ini.

3.      Menghindari pergi ke tempat ramai. Karena ketika Anda berkumpul bersama dalam kerumunan, Anda memiliki kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik.

4.      Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Karena tangan menyentuh berbagai permukaan benda, dan virus penyakit ini dapat tertempel di tangan.

Tangan yang terkontaminasi dapat membawa virus ini ke mata, hidung dan mulut, yang dapat menjadi titik masuk virus ini ke dalam tubuh Anda sehingga Anda menjadi sakit.

5.      Gunakan masker dengan benar dan disiplin. Jika menggunakan masker kain, pilihlah masker dengan bahan yang terdiri dari 2 lapis kain.

6.      Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda menjalankan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin, lalu segera buang tisu bekas tersebut.

7.      Tetaplah tinggal di rumah. Lakukan isolasi mandiri meskipun hanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit kepala, dan demam ringan sampai Anda sembuh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved