Breaking News:

Pjs Bupati Pesbar Achmad Chrisna Putra Paparkan Program Inovasi 'Sikamdo' Unggulan Pesisir Barat

Pjs Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra mempresentasikan program inovasi SIKAMDO yang jadi unggulan dalam Innovative Government Award 2020.

DOK
Pjs Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Pjs Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra mempresentasikan program inovasi dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020.

Presentasi yang antara lain memaparkan keunggulan aplikasi Sikamdo yang menjadi keunggulan Pemkab Pesisir Barat itu disampaikan melalui virtual meeting di Kantor Bupati Pemkab Pesisir Barat, Kamis (5/11/2020).

Pjs Bupati Pesisir Barat Achmar Chrisna Putra didampingi Sekretaris Daerah N Lingga Kusuma. Hadir juga Plt Kadiskominfo Miswandi Hasan, Kepala Bappeda Zukri Amin, Kadis Kesehatan Tedi Zadmiko, dan Kadis Perizinan Jon Edwar.

Chrisna Putra menyampaikan, saat ini Pemkab Pesisir Barat telah melakukan sosialisasi terhadap pers atau media, serta menerapkan kebijakan kerja sama hanya bagi media yang telah terdaftar dan terverifikasi melalui aplikasi Sikamdo.

Baca juga: Pjs Ketua PKK Pesisir Barat Linda Chrisna Bikin Gebrak Masker untuk Putus Mata Rantai Covid-19

Pemkab menjalin komunikasi intensif dengan pengelola media dan memberikan layanan atau bantuan cepat secara langsung melalui kegiatan tutorial tatap muka, panduan online, email, WhatsApp, serta screenshot.

Chrisna Putra mengatakan, banyak media yang mengajukan permohonan kerja sama dengan mengajukan dokumen kerjasama masih berupa print out kertas dalam bentuk fisik sehingga menylitkan untuk pencarian dan pengarsipan data.

"Dengan cara yang masih menggunakan dokumen fisik tersebut, memunculkan kendala berupa keterbatasan sumberdaya manusia dan perlunya kapasitas ruang pengarsipan secara fisik," ujar Chrisna.

Pemkab Pesisir Barat kemudian membuat inovasi Sikamdo dengan memenyelaraskan Revolusi Industri 4.0 yakni digitalisasi dan transparansi. Dengan inovasi itu, file dapat diakses oleh publik dengan pembatasan akses sistem berkal a atau periodik.

Apa itu Sikamdo? Menurut Chrisna, Sikamdo merupakan akronim dari Sistem Kendali Administrasi Media Diskominfo Online. Program aplikasi ini dibuat dengan tujuan sebagai layanan komunikasi dua arah secara online.

"Media yang akan menjalin kerjasama dengan Diskominfo Pesisir Barat harus menggunakan aplikasi Sikamdo ini, mulai dari registrasi akun, pengiriman berkas administrasi, hingga pengiriman bukti tayang, serta pengarsipan data," jelasnya.

Baca juga: Pjs Bupati Pesisir Barat Achmad Chrisna Putra Bersih-bersih Pantai di Pantai Pekon Siging

Chrisna memaparkan beberapa manfaat menggunakan layanan Sikamdo. Di antaranya, data arsip pengajuan kerjasama media, termasuk berkas administrasi serta bukti tayang media sudah dalam bentuk digital.

Sehingga memudahkan dalam pencarian serta pengarsipan, serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan perangkat komputer atau mobile.

Selain itu, kinerja pelayanan aparatur dalam bidang administrasi kerjasama media menjadi lebih baik dan efektif.

Hal lain, penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Dan, terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan transparan.(*)

Editor: Andi Asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved