Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel

Gejala Alergi dan Cara Mengatasinya

Alergi adalah suatu reaksi kepekaan abnormal dari tubuh terhadap suatu zat/benda tertentu. Orang yang menderita alergi akan memperlihatkan gejala-geja

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Alergi adalah suatu reaksi kepekaan abnormal dari tubuh terhadap suatu zat/benda tertentu. Orang yang menderita alergi akan memperlihatkan gejala-gejala alergi jika terpapar / terkena zat / benda tersebuut. Zat / benda yang menimbulkan reaksi alergi disebut alergen, contohnya adalah : 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,- Alergi adalah suatu reaksi kepekaan abnormal dari tubuh terhadap suatu zat/benda tertentu. Orang yang menderita alergi akan memperlihatkan gejala-gejala alergi jika terpapar / terkena zat / benda tersebuut. Zat / benda yang menimbulkan reaksi alergi disebut alergen, contohnya adalah :

·         Debu rumah

·         Tungau / ngengat

·         Bulu / serpih kulit binatang (anjing / kucing)

·         Tepung sari tanaman (rumput pohon berbunga)

·         Makanan (ikan, udang, kopi, coklat, telur, dll.)

Gejala alergi dapat timbul pada semua usia, tetapi orang yang cenderung alergi lebih sering mulai mengalami gejala alergi pada masa kanak-kanak. Jika kedua orang tua tidak menderita alergi, maka kemungkinan seorang anak menderita alergi adalah 12.5%; jika salah satu orang tua menderita alergi, maka kemungkinan anak menderita alergi 19,.8%; bila kedua orang tua menderita alergi, maka anaknya kemungkinan menderita menjadi 42.9% - 72.2%.

Alergi pada dasarnya merupakan kelainan fisik, sehingga stress emosional, kelelahan, rasa takut, rasa cemas, marah, dan rasa jengkel dapat mencetuskan atau memperberat gejala alergi. Faktor pencetus lain yang penting adalah infeksi, asap rokok / polusi udara, cuaca dingin / panas. Alergi dapat menimbulkan hal-hal di bawah ini :

·         Pilek yang tidak sembuh-sembuh

·         Asma

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved