Breaking News:

Tribun TV Lampung

Apa Itu Ulkus Kornea? Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Obati Ulkus Kornea

Simak penjelasan, apa itu ulkus kornea, penyebab terjadi ulkus kornea, ciri-ciri ulkus kornea, dan cara obati ulkus kornea.

Tangkap Layar Tribun TV Lampung
Dokter Rani Rahmayani saat menjadi narasumber di program Sehat Itu Indah Tribun TV Lampung, Rabu (25/11/2020). Dokter Rani menjelaskan apa itu ulkus kornea, penyebab terjadi ulkus kornea, ciri-ciri ulkus kornea dan cara obati ulkus kornea. (Tangkap Layar Tribun TV Lampung) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Satu di antara gangguan mata yang cukup berbahaya yakni ulkus kornea yakni peradangan pada kornea yang merupakan selaput bening pada bagian depan mata.

Lalu, apa itu ulkus kornea, penyebab terjadi ulkus kornea, ciri-ciri ulkus kornea, dan bagaimana cara obati ulkus kornea?

Dokter Rani Himayani, dari Rumah Sakit Natar Medika Lampung Selatan memberikan penjelasannya saat jadi narasumber di program Sehat Itu Indah Tribun TV Lampung, Rabu (25/11/2020).

"Ulkus kornea yakni peradangan pada kornea yang merupakan selaput bening pada bagian depan mata," ujar dokter yang juga praktek di Lampung Eye Center itu.

Menurut Rani, ulkus kornea berbahaya lantaran bisa membuat bola mata jebol dan isi bola mata keluar.

Baca juga: Apa Itu Ulkus Kornea, Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Obati Ulkus Kornea

Baca juga: Tanda-tanda Ulkus Kornea, Penyebab dan Cara Obati Ulkus Kornea

Rani menjelaskan, ulkus kornea tidak terjadi begitu saja.

Ada proses yang terjadi pada mata sebelum muncul ulkus kornea, atau penyebab terjadi ulkus kornea.

"Sebelumnya, mata akan mengalami cidera dulu, seperti karena kecelakaan, sering kucek-kucek mata, dan bulu mata yang masuk ke dalam," terang dr Rani Himayani.

Selain itu, imbuh Rani, karena terkena ranting, penggunaan lensa mata jangka panjang, dan lainnya, juga bisa menjadi pemicu ulkus kornea.

Halaman
123
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved