Breaking News:

Advertorial

Program KOTAKU di Masa Pandemi, Kolaborasi Demi Meningkatnya Penghasilan Masyarakat Kaliawi Persada

Adapun alokasi dana dari Program KOTAKU sebesar Rp 1,5 miliar yang diperuntukkan untuk pembangunan di RT 3 Lingkungan 1, RT 5 Lingkungan 1, RT 2..

Dokumentasi
Program KOTAKU di Masa Pandemi, Kolaborasi Demi Meningkatnya Penghasilan Masyarakat Kaliawi Persada 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Arah dan ukuran keberhasilan pembangunan kini sangat ditentukan dengan seberapa besar irisan sinergi yang bisa dilakukan oleh tiga pihak pelaku pembangunan.

Kenyataannya menegaskan bahwa hingga kini tidak mungkin semua yang tercantum dalam rencana pembangunan daerah setempat dapat diwujudkan oleh pemerintah secara sepihak.

Oleh karena itu, terdapat kebutuhan mutlak untuk mengembangkan model pembangunan yang melibatkan para pemangku kepentingan lain.

Mulai dari tahapan pengembangan, desain, hingga pengelolaannya.

Pendekatan kolaborasi Pemerintah-Swasta-Masyarakat (Public-Private-Community Partnership – PPCP) merupakan model operasional yang sinergis untuk mencapai pembangunan secara berkelanjutan.

Di mana, tiga pihak tersebut secara bersama-sama mengembangkan unit usaha/layanan yang saling menguntungkan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat luas.

Dalam kerangka tersebut, sektor swasta akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dengan inklusivitas berimbang antara rantai produsen dan konsumen.

Kemudian sektor publik akan mendapatkan keuntungan dengan tambahan sumber daya dan nilai investasi serta keterjaminan partisipasi dan kepemilikan para pihak.

Sementara masyarakat akan meraih manfaat dengan perolehan keterampilan, pengetahuan, dan teknologi baru.

Kelurahan Kaliawi Persada yang berada di Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung, merupakan salah satu dari empat kelurahan yang mendapatkan dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Tahun 2019.

Halaman
123
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved