Breaking News:

Tribun Way Kanan

Kepala BPKP Kunjungi Pemkab Way Kanan, Pjs Bupati: BPKP Dapat Terus Beri Pendampingan

BPKP telah memberikan kontribusi besar bagi pemerintah terutama Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam pencapaian tujuan

Tribunlampung.co.id Anung
Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sumitro ke Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Selasa 1 Desember 2020. Kepala BPKP Kunjungi Pemkab Way Kanan, Pjs Bupati: BPKP Dapat Terus Beri Pendampingan 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, WAYKANAN - Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sumitro ke Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Selasa 1 Desember 2020.

Pjs Bupati Waykanan, Mulyadi Irsan mengatakan Pengkoordinasian dan sinergi penyelenggaraan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan daerah dapat dilakukan dengan pengawasan instansi lain.

Kemudian peran BPKP dalam rangka pengawasan keuangan dan mengawal pembangunan baik di tingkat pusat maupun daerah.

"BPKP telah memberikan kontribusi besar bagi pemerintah terutama Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam pencapaian tujuannya," katanya. 

Pencapaian target kinerja seperti Opini Laporan Keuangan oleh BPK-RI dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian yang telah 10 kali diraih, Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada level Terdefinisi (3.00), Level Kapabilitas APIP pada level Integreted (level III), Nilai LPPD dengan nilai 3,2471 (sangat tinggi), merupakan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan BPKP. 

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Way Kanan tengah memacu pemenuhan-pemenuhan indikator dalam penilaian evaluasi SAKIP, karena saat ini Pemerintah Kabupaten Way Kanan masih berada pada nilai CC (56,09) dimana target yang hendak dicapai adalah B (60,00).

Baca juga: Pemkab Way Kanan Ingin Kembalikan Kejayaan Lada

Baca juga: Satresnarkoba Polres Way Kanan Amankan 2 Pelaku Diduga Pakai Sabu di Gunung Waras

Baca juga: Chord Gitar Lagu Di Batas Kota Ini Tommy J Pisa, Lirik Lagu Di Batas Kota Ini

"Saya berharap BPKP terus dapat memberikan pendampingan dalam pencapaian target," jelasnya.

Selanjutnya, pada masa pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Way Kanan sangat merasa terbantu dimana BPKP bersama Inspektorat Daerah selaku APIP, sangat berkontribusi besar terhadap pendampingan dan pengawalan pada saat dilakukannya refocussing anggaran, realokasi kegiatan serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan covid-19. 

BPKP juga melakukan pengawasan terhadap recofussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23/2020 yang mengamanahkan BPKP untuk melakukan pengawasan intern atas program pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Kemudian Pemerintah Kabupaten Way Kanan berharap agar sinergitas antara BPKP dengan Pemda semakin meningkat, terutama terkait dengan manajemen risiko, pengendalian intern, dan tata kelola terhadap program/kebijakan pemerintah yang strategis serta serta dalam peningkatan kapabilitas APIP ke tingkat selanjutnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved