Breaking News:

Tanggamus Tribun Lampung

Hadiri Pembentukan Panitia Resepsi Pernikahan, Warga Talang Padang Terpapar Covid-19 

Setiap pasien yang diduga Covid-19 maka pasien tersebut miliki gejala seperti Covid-19. Lalu diadakan rapid tes, baik itu reaktif atau tidak reaktif

ist
Masih banyak warga yang terpapar oleh penyebaran virus Corona di Kota Bandar Lampung, hal ini menjadikan Kodim 0410/KBL bersama Satgas Terpadu Penanganan Covid-19 terus melakukan himbauan dan penegakan disiplin Protokol kesehatan dipusat perbelanjaan tradisional pasar Tugu Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tanjungkarang Timur, Kota Bandar Lampung, Minggu (22/11/2020). 

TANGGAMUS,TRIBUNLAMPUNG.CO.ID- Seorang warga di Kecamatan Talang Padang terpapar Covid-19 setelah kontak dengan dua pasien saat pembentukan panitia resepsi pernikahan. 

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Tanggamus dr Eka Priyanto, pasien tersebut diidentifikasi nomor pasien 172, seorang perempuan berusia 57 tahun.  

"Kasus ini merupakan kasus kontak erat dengan pasien 117 dan pasien 118 yang isolasi mandiri di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung," kata Eka. 

Ia menambahkan, mulanya pasien 172 pada 14 dan 15 November 2020 lalu kontak erat dengan pasien 117 dan 118 di acara pembentukan panitia resepsi pernikahan di Pekon Luah, Kec. Talang Padang.

Lalu pada 18 November 2020, pasien merasakan adanya keluhan berupa badan lemas, batuk dan sesak napas. Pasien juga mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus. 

Setelah itu pada 27 November 2020 kondisi pasien tidak kunjung membaik.  Pasien dirujuk ke RS Mitra Husada di Pringsewu dengan keluhan mual, muntah, batuk kering disertai sesak. 

Kemudian tim medis melakukan pemeriksaan rapid tes dengan hasil reaktif. Pasien didiagnosa sementara sebagai suspek Covid-19. 

Bupati Pringsewu Sujadi (tengah) mengenakan baju hazmat didampingi Camat Pagelaran Bahrudin dan Kapolsek Pagelaran AKP Syafri Lubis saat menghadiri pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Pekon Gemah Ripah, Jumat (13/11/2020).
Bupati Pringsewu Sujadi (tengah) mengenakan baju hazmat didampingi Camat Pagelaran Bahrudin dan Kapolsek Pagelaran AKP Syafri Lubis saat menghadiri pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Pekon Gemah Ripah, Jumat (13/11/2020). (Tribunlampung.co.id/Robertus Didik)

Baca juga: 414 Pasien Covid-19 Bandar Lampung Mencoblos di TPS Mobile

Baca juga: Pasien Covid-19 Metro Tambah 4, Satu Meninggal Dunia

Baca juga: 92 Pasien Covid di Lampung Sembuh, Total 2.545 Pasien Sembuh

Lantaran ruang isolasi di RS Mitra Husada, Pringsewu penuh, pasien dirujuk ke Rumah Sakit DKT di Bandar Lampung. Di sana untuk isolasi dan pengambilan sampel swab atas persetujuan keluarga. 

Pada 5 Desember 2020

hasil swab dari Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung menunjukkan positif Covid-19. Pasien pun tetap dirawat di RS DKT Bandar Lampung untuk dapatkan penanganan medis standar Covid-19.

"Dari kasus ini kita memetik pelajaran betapa pentingnya mematuhi  protokol kesehatan, dan mengikuti aturan yang sudah diberikan," terang Eka. 

Setiap pasien yang diduga Covid-19 maka pasien tersebut miliki gejala seperti Covid-19. Lalu diadakan rapid tes, baik itu reaktif atau tidak reaktif maka dilakukan swab. 

Selanjunya pasien harus melakukan isolasi mandiri sampai hasil swab pasien keluar. Ini untuk menegakan diagnosis pasti terhadap pasien tersebut. 

"Ini semua dilakukan untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Karena Covid-19 bisa menularkan kepada siapa pun, mulai dari kita, keluarga dan lingkungan kita," kata Eka.

Ia menambahkan, saat ini kasus Covid-19 di Tanggamus ada 172 kasus, rinciannya 26 pasien masih perawatan, 140 orang selesai isolasi, dan enam kasus kematian. (tri yulianto) 

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Romi Rinando
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved