Breaking News:

Pilkada Pesawaran 2020

KPU Pesawaran Beri Toleransi Bagi Pemilih yang Datang Tidak Sesuai Jam Mencoblos

KPU Pesawaran menyebut yang terpenting membawa surat pemberitahuan, KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil.

Tribunlampung.co.id/Didik
Logistik Pilkada Pesawaran tiba di Kecamatan Gedongtaan. Ketua KPUD Pesawaran Yatin Putro Sugino memantau langsung penurunan logistik dari kendaraan distribusi ke gudang Kecamatan Gedongtataan, Senin, 7 Desember 2020 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan Cahyono

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - KPUD Pesawaran memberi kelonggaran bagi warga yang hendak menyalurkan hak pilih, namun datangnya tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Ketua KPUD Pesawaran Yatin Putro Sugino mengungkapkan, bahwa penjadwalan hadir ke TPS itu sebagai upaya mengurangi kerumunan.

Bukan berarti kalau hadir di luar jam yang telah ditentukan tidak bisa menyalurkan hak suaranya.

"Tetap bisa (menyalurkan hak suara). Misal harusnya sesuai jadwal pukul 08.00 WIB, tapi karena ada keperluan (hadir) pukul 11.00, ya tidak apa-apa," tukasnya.

Terpenting, lanjut dia, membawa surat pemberitahuan, KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil. Misal surat pemberitahuan nggak dapat, masih bisa pakai KTP elektronik.

Suasana debat publik Pilkada Pesawaran 2020 di Graha Adora, Gedongtataan, Rabu (4/11/2020) malam.
Suasana debat publik Pilkada Pesawaran 2020 di Graha Adora, Gedongtataan, Rabu (4/11/2020) malam. (Tribunlampung.co.id/Deni)

Baca juga: Rycko Menoza dan Istri Pitka Berikan Hak Suara di TPS 06 Sumur Batu

Baca juga: Nyoblos di TPS 6 Palapa, Eva dan Herman HN Ingatkan Warga Terapkan Protokol Kesehatan

Baca juga: Anna Morinda dan Suami Mencoblos di TPS 11 Ganjar Agung

Yatin telah mengimbau masyarakat di Bumi Andan Jejama supaya menyalurkan hak suara dalam pesta demokrasi 2020 ini.

Berbagai macam cara dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Diantaranya dengan memberi imbauan lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Selain itu, pihaknya juga menginformasikan melalui PPK yang dilanjutkan ke PPS, agar ketua KPPS-nya melalui rumah ibadah memberitahukan ke masyarakat supaya hadir ke TPS pada 9 Desember 2020 ini.

Diketahui jumlah TPS di Kabupaten Pesawaran ada sebanyak 1021 TPS yang tersebar di 11 kecamatan dan 114 desa. Daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 318.793 jiwa. 

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Romi Rinando
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved