Breaking News:

Pilkada Metro 2020

KPU Metro Minta Paslon Tunggu Hasil Resmi Pleno Rekapitulasi, Paslon Saling Klaim Menang Pilkada

KPU Kota Metro meminta semua pihak menunggu hasil resmi pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota.

Tribunlampung.co.id/Indra
Ketua KPU Metro Nurris Septa Pratama. KPU Metro Minta Paslon Tunggu Hasil Resmi Pleno Rekapitulasi, Paslon Saling Klaim Menang Pilkada 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro meminta semua pihak menunggu hasil resmi pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota.

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan Gubernur, Bupati/Wali Kota rekapitulasi suara dilakukan mulai 9 Desember hingga 20 Desember.

"Itu mulai rekapitulasi suara dari TPS. Kemudian disusul tingkat kecamatan mulai dari 10 sampai 14 Desember. Selanjutnya tingkat kabupaten/kota pada 13 hingga 17 Desember," imbuhnya, Rabu (9/12/2020).

Dijelaskannya, ada gugatan atau tidak ada gugatan, penetapan calon terpilih menunggu BRPK dari Mahkamah Konstitusi.

Penetapan paling lama lima hari setalah keputasan Mahkamah Konstitusi keluar.

"Jadi kita minta semua pihak menunggu hasil resmi pleno KPU Kota Metro. Dan kita imbau agar tetap menjaga Pilkada berjalan aman dan damai," tuntasnya.

Baca juga: Pilkada Metro 2020 Diwarnai Saling Klaim Kemenangan Pasangan Calon

Baca juga: Jazim Ahmad Rektor UM Metro Jelaskan Makna HAM Bagi Masyarakat

Baca juga: Chord Gitar Lagu Cukup Satu Cinta Adista, Lirik Lagu Cukup Satu Cinta

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 1 Wahdi-Qomaru menyatakan kemenangan berdasar hasil quick count dan real count tim internal.

"Kepada masyarakat Kota Metro dan tim relawan, serta teman-teman media, saya mengucapkan terima kasih. Seperti yang kita ketahui dari hasil real count kita, quick count juga, bahwa kami unggul dari pasangan lainnya," ujar Wahdi, Rabu (9/12/2020).

Namun demikian, pihaknya tetap menunggu hasil rekapitulasi KPU Kota Metro.

"Tentu. Kita tunggu hasil resmi KPU sebagai lembaga yang berwenang," katanya lagi.

Sementara, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro nomor urut 4 Anna Morinda-Fritz Akhmad Nuzir menyatakan kemenangan berdasarkan hasil real count tim.

Ketua Tim Kampanye Yahya Wilis mengatakan, dari hasil rekap form C1 yang dikumpulkan para saksi, Anna-Frits berhasil unggul dari pasangan calon lain.

"Pasangan Anna-Fritz memenangkan Pilkada Kota Metro. Kami berterima kasih kepada partai pengusung, relawan dan simpatisan yang sudah mendukung," ujarnya saat konfrensi pers di Posko Perjuangan Jalan Flores, Ganjar Agung, Metro Barat, Rabu (9/12/2020).

Ia mengaku, kemenangan Anna-Fritz merupakan kemenangan bersama yang diraih dengan sudah payah dan harus dipertahankan untuk membawa Kota Metro unggul, cerdas, serta religius. (Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved