Breaking News:

Lampung Selatan

Pengelola Wisata di Pantai Ketang Kalianda Keluhkan Minimnya Penerangan Jalan

Minimnya penerapangan jalan membuat kawasan pantai Ketang Kalianda terkesan rawan pada malam hari.

tribun lampung / dedi
Wisata Kedu Warna di kawasan pantai Ketang, Way Urang Kalianda. Salah satu objek wisata yang kini hit dikalangan anak muda dan para traveler. 

Laporan Reporter Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN – Para pengelola tempat wisata di kawasan pantai Ketang, Kalianda berharap pemerintah daerah bisa memasang lampu jalan pada jalur di kawasan pantai tersebut.

Minimnya penerapangan jalan membuat kawasan pantai ini terkesan rawan pada malam hari. Sehingga para pengunjung pun enggan untuk datang ke objek wisata.

“Terkadang ada pengunjung yang sampai malam itu, takut untuk pulang. Terpaksa kita hantarkan hingga ke jalan utama Kalianda,” kata Sendi Arta, pengelola pantai Kedu Warna kepada Tribunlampung, Kamis (21/1).

Tidak hanya butuh lampu penerangan jalan. Menurutnya, juga perlu ada patroli keamanan. Baik dari kepolisian maupun dari Pol PP untuk di sekitaran kawasan pantai Ketang. Terutama pada malam hari.

Dirinya mengatakan, meski saat ini akses jalan di kawasan pantai Ketang sudah baik. Jika kesan tidak aman masih tertanam pada masyarakat. Pengunjung tetap akan takut datang. Apalagi pada sore hingga malam hari.

“Kesannya kan kawasan pantai Ketang tidak aman. Karena gelap. Padahal potensi wisata disini sangat baik,” ujar dirinya.

Menanggapi harapan ini. Kabid Pengembangan Parawisata Dinas Parawisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Saefudin Jamilus mengatakan, untuk penerangan lampu jalan di kawasan pantai Ketang ini pernah dibicarakan dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Harapannya, kata dia, untuk penerangan lampu jalan di kawasan pantai Ketang ini bisa masuk dalam program LPJU di Dinas Perkim.

“Tapi nanti ini akan kita komunikasikan kembali dengan teman di Dinas Perkim. Harapannya untuk lampu jalan di kawasan pantai Ketang ini, bisa masuk untuk program LPJU di Kecamatan Kalianda,” kata Saefudin.

Untuk patroli pengamanan dari polisi dan juga pol PP. Menurut dirinya, hal tersebut nantinya akan menjadi bahan rakor dinas dilingkungan pemerintah kabupaten nantinya.

Dalam sapta pesona parawisata, lanjutnya, keamanan berada para urutan pertama untuk bisa menciptakan kenyamanan pada pengunjung. Sehingga para wisatawan akan datang.

“Ini akan menjadi bahan kita. Akan kita sampaikan saat rakor bersama. Ini memang perlu. Di kawasan pantai Ketang ini ada beberapa objek wisata. Satu diantaranya ada pantai Alau-alau yang banyak dikunjungi masyarakat menengah keatas dari beberapa daerah,” tegasnya. (Tribunlampung/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved