Breaking News:

Mesuji

Pemkab Mesuji Persiapkan Pemekaran di Tiga Kecamatan

Pemkab Mesuji melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) telah mempersiapkan pemekaran di tiga Kecamatan.

Tribunlampung.co.id/Rangga
Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Kabupaten Mesuji Ahmad Mahmudi saat ditemui di ruang kerjanya. Pemkab Mesuji Persiapkan Pemekaran di Tiga Kecamatan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) telah mempersiapkan pemekaran di tiga Kecamatan.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Tapem Kabupaten Mesuji Ahmad Mahmudi tiga Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Way Serdang, Tanjung Raya dan Kecamatan Mesuji Timur.

"Tiga Kecamatan tersebut sudah layak untuk dimekarkan sekaligus untuk memaksimalkan pembangunan dan potensi daerah," ujar Ahmad, Jumat (4/3/2021).

Ahmad menjelaskan jika saat ini penyusunan tim untuk pemekaran di tiga Kecamatan tersebut telah dilakukan.

Rencananya dalam waktu dekat akan ada kegiatan sosialisasi terkait pemekaran di tiga Kecamatan, Kabupaten Mesuji.

"Setelah Maret lah ya April atau Mei nanti mulai sosialisasi. Soalnya di Januari sampai Februari 2021 masih fokus mengutusi pelaporan kinerja pemerintah," jelasnya.

Lebih lanjut, Ahmad menyebut sosialisasi pemekaran untuk menjelaskan wacana pemekaran di tiga Kecamatan Tersebut.

Adapun persyaratan pemekaran kecamatan yang perlu dipersiapkan yakni, pertama persyaratan dasar, syarat 10 desa dengan usia desa minimal 5 tahun.

"Jumlah penduduk perdesa minimal 4000 jiwa dan 800 KK per Kecamatan dan Batas wilayah, luas wilayah serta cakupan wilayah," paparnya.

Lalu persyaratan teknis, seperti sarana dan prasarana perkantoran serta kemampuan keuangan daerah untuk membiayai roda pemerintahan.

Selanjutnya persyaratan administrasi, seperti pengesahan Peraturan Daerah (Perda), kesepakatan musyawarah desa, sampai kecamatan induk.

"Dimesuji sudah sedikit bangus karena sudah ada peta wilayah tetapi ada batas wilayah yang masih belum beres mengenai kesepakatan masyarakat," ungkapnya.

Sehingga diharapkan nantinya cakupan wilayah untuk pemekaran mendapatkan kesepakatan para pihak.

( Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf )

Penulis: M Rangga Yusuf
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved