Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Obesitas

Simak penjelasan apa itu obesitas. Obesitas adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan.

Kompas.com
apa itu obesitas 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Simak penjelasan apa itu obesitas berikut.

Obesitas adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan atau lemak tubuh yang dapat memengaruhi kesehatannya.

Hari Obesitas Dunia diperingati setiap 4 Maret.

Lembaga pemerhati obesitas dunia mencatat kaitan antara obesitas dan pandemi Covid-19. World Obesity Day mencatat, 10,5 persen dari hasil tes Covid-19 positif disebabkan oleh obesitas, pada populasi Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan periode 1 Maret sampai 14 Mei 2020.

Seorang dokter biasanya akan mendiagnosis seseorang mengalami obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) atau body mass index (BMI) yang tinggi.

IMT adalah indikator umum yang kerap digunakan dokter atau ahli gizi untuk menilai apakah seseorang memiliki berat badan yang sesuai untuk usia, jenis kelamin, dan tinggi badannya.

Pengukuran ini menggabungkan tinggi dan berat badan.

Menurut Permenkes RI No. 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, angka BMI 25-27 menunjukkan bahwa seseorang mengalami kelebihan berat badan (overweight).

Sedangkan BMI lebih dari 27 menunjukkan bahwa seseorang mengalami obesitas.

Faktor lain, seperti rasio lingkar pinggang-lingkar pinggul (WHR), rasio lingkar pinggang-tinggi badan (WtHR), dan jumlah serta distribusi lemak pada tubuh juga berperan dalam menentukan seberapa sehat berat badan seseorang dan bentuk tubuh sedang.

Baca juga: Apa Itu Selebgram

Baca juga: Apa Itu Bromance, Simak Manfaat Memiliki Bromance

Halaman
1234
Penulis: Reni Ravita
Editor: putri salamah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved