Breaking News:

Lampung Tengah

Deal, Harga Singkong di Lampung Tengah Rp 900 per Kg

Ketua Asosiasi Pengusaha Singkong Lampung Tengah Suharto menjelaskan, harga tersebut sudah disepakati oleh seluruh perusahaan.

Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam
Pertemuan Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad bersama pengusaha tapioka di Nuwo Balak dan Sesat Agung, Senin (22/3/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad bertemu dengan pengusaha tapioka, Senin (22/3/2021).

Setidaknya ada tiga solusi yang dihasilkan dalam pertemuan itu, khususnya terkait stabilitas harga singkong.

Salah satunya, harga beli singkong dari petani minimal Rp 900 per kilogram yang berlaku hingga akhir Mei mendatang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Singkong Lampung Tengah Suharto menjelaskan, harga tersebut sudah disepakati oleh seluruh perusahaan.

Baca juga: Pengusaha Tapioka Lampung Tengah Usulkan Petani Tanam Singkong Jenis Kaisar

Baca juga: Petani Singkong di Lampung Tengah Mengaku Disuruh Setor Rp 5 Miliar ke PKB

"Harga ini (Rp 900 per kilogram) akan diujicobakan dahulu hingga akhir Mei mendatang. Tentunya ini sudah kesepakatan asosiasi dan pengusaha," ujar Suharto dalam pertemuan di Nuwo Balak dan Sesat Agung.

Ditambahkan Suharto, kesepakatan lainnya adalah terkait rencana pemindahan penelitian budi daya singkong dari Malang, Jawa Timur ke Lampung Tengah.

"Harapan kami supaya penelitian budi daya singkong yang selama ini di Malang supaya ditarik ke Lampung Tengah. Karena kan Lampung ini penghasil singkong terbesar nasional," kata Suharto.

Selain itu, pengusaha juga berharap Dinas Pertanian Lampung Tengah membuat demplot budi daya singkong bagi petani serta memberikan bantuan bibit dan pupuk, serta pendampingan oleh PPL di lapangan agar hasilnya maksimal.

Pengusaha tapioka juga meminta kepada Pemkab Lampung Tengah agar petani dan perusahaan dapat studi banding ke Thailand dan Vietnam.

Alasannya, kedua negara itu tercatat sebagai produsen singkong terbesar di Asia.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengapresiasi kesepakatan harga singkong dengan pengusaha tapioka.

"Pertemuan ini agar dapat menjadi solusi terkait harga singkong, khususnya bagi petani kita di sini. Kesepakatan harga saya rasa sudah menjadi solusi, walau mungkin belum memenuhi harapan kita bersama," kata Musa Ahmad.

Musa juga siap meningkatkan kesejahteraan petani singkong di Lampung Tengah.

"Saya juga sudah sampaikan persoalan singkong kepada gubernur (Arinal Djunaidi). Beliau juga siap untuk mencarikan solusi agar tidak ada lagi persoalan terkait harga singkong," pungkasnya. ( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Penulis: syamsiralam
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved