Breaking News:

Liga Champions

UEFA Ubah Format Liga Champions, Jumlah Klub yang Berpartisipasi Bertambah Menjadi 36 Tim

UEFA akan membuat keputusan reformasi Liga Champions. Dengan format terbaru. Salahsatunya wacana penambahkan 4 Tim Baru

kompas.com
Ilustrasi : UEFA Ubah Format Liga Champions, Jumlah Klub yang Berpartisipasi Bertambah Menjadi 36 Tim 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID UEFA akan membuat keputusan reformasi Liga Champions.  
dengan format terbaru. 

Liga Champions kemungkinan akan merombak kompetisi sepak bola top Eropa mulai 2024 

Lars-Christer Olsson, presiden badan yang menyatukan liga profesional dan asosiasi klub dari 30 negara Eropa, mengatakan kepada wartawan UEFA akan membuat keputusannya "dalam komite eksekutifnya (Rabu) 31 Maret".

Olsson mengatakan pertemuan hari sebelumnya akan didahului "komisi kompetisi klub" yang bertugas menjelaskan rincian reformasi.

Baca juga: Jadwal Liga Champions Data dan Fakta Jelang Laga Manchester City vs Borussia Dortmund 

Baca juga: Liga Champions Real Madrid vs Liverpool, Klopp Tak Ingin Mimpi Buruk 2018 Terulang 

Di antara potensi perubahan adalah peningkatan klub yang berpartisipasi dari 32 menjadi 36 dan akhir babak penyisihan grup saat ini, di mana tim dibagi menjadi delapan set dengan empat set.

Tahap pra-sistem gugur yang baru akan terdiri dari satu meja dengan klub yang mengambil bagian dalam apa yang disebut 'sistem Swiss' yang terinspirasi oleh catur, di mana tim memainkan 10 pertandingan, bukan enam pertandingan seperti saat ini.

Salah satu dari empat pendatang baru diharapkan menjadi tim keempat dari Ligue 1 Prancis, dan salah satu masalah utama terkait format baru ini adalah bagaimana memutuskan tiga lainnya.

Liga Eropa lebih memilih tempat baru untuk diberikan kepada juara dari liga lain sementara ada juga langkah menerima tim berdasarkan koefisien UEFA mereka - yang akan mendukung klub dengan sejarah Eropa yang kuat yang memiliki musim domestik yang buruk.

Direktur pelaksana Jacco Swart mengatakan Liga Eropa mengusulkan kompromi yang akan membuat jumlah pertandingan pra-sistem gugur per klub dipotong menjadi delapan dari 10 yang diusulkan.

Ilustrasi Laga Liga Champions
Ilustrasi Laga Liga Champions (NDTV)

Dalam sejarah Liga Champions Eropa sudah beberapa kali menerapkan aturan format baru Liga Champions, tentu saja dibawah kesepakatan UEFA selaku penggagas dari kompetisi tahunan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Romi Rinando
Editor: meli yulyana
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved