Breaking News:

Lampung Tengah

Perbaikan Data PKH dan BST di Kemensos, Penerima Bansos di Lampung Tengah Tambah 971 Keluarga

Dari hasil perbaikan data PKH, Lamteng menempati prosentase 88 persen, atau keempat se-Provinsi Lampung dengan angka 66.112 KPM

ISTIMEWA
PENYERAHAN DATA - Kadissos Lamteng Zulfikar Irwan (dua dari kanan) menyerahkan data perbaikan penerima Bansos ke Kemensos RI, Jumat pekan lalu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Dinas Sosial (Dissos) Lampung Tengah menindaklanjuti surat Menteri Sosial RI terkait perbaikan data bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) sembako dan bantuan sosial tunai (BST) di kabupaten itu.

Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Lamteng Zulfikar Irwan menyebutkan, dari data 104.204 keluarga penerima manfaat (KPM) yang harus diperbaiki, setelah dilakukan perbaikan realisasi perbaikan menjadi 92.070 KPM atau 88 persen.

"Tapi, setelah diperbaiki data penerima Bansos Lamteng tenyata hanya menerima 971 KPM saja. Sehingga, atas dasar itu, Bupati (Musa Ahmad) memerintahkan Dissos ke Kemensos agar angka perbaikan bisa direalisasikan," kata Zulfikar Irwan, Senin (5/4).

Baca juga: Ekonomi Membaik, 79 KPM di Terbanggi Besar Lamteng Keluar dari Peserta PKH

Ditambahkan Zulfikar Irwan, setelah dilakukan perbaikan data, hingga kemarin angka perbaikan sudah 72.222 KPM, atau jumlah penerima kembali berdasarkan data yang telah diverifikasi.

"Berkaitan dengan itu, Bupati Musa Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Kemensos RI, Pemprov Lampung, anggota Komisi VIII DPR RI, Komang Koheri, dan anggota DPD RI Bustami Zainuddin.

Harapannya, kata Zulfikar Irwan, dari data yang sudah diperbaiki tersebut, agar bagi penerima bansos dapat diberikan kembali hak mereka dari pemerintah pusat.

Data perbaikan itu lanjut Irwan, pihaknya melibatkan bekerjasama dengan Disdukcapil Lampung dan Lampung Tengah dan kepala kampung (Kakam) dalam pemadanan nomor induk kepemilikan penerima bansos yang melibatkan tim pendamping PKH dan operator kampung.

Setelah dilakukan perbaikan, atas perintah langsung Bupati Musa Ahmad, tim Dissos ditugaskan bupati untuk mengantar langsung ke Kementrian Sosial RI.

Baca juga: 50.880 KPM PKH Terdampak Covid-19 di Lampung Utara Dapat Bantuan Sosial Beras dari Kemensos RI

"Alhamdulillah, tim Dissos Lamteng dengan didamping anggota DPR RI komisi VIII, Bapak Komang Koheri dan anggota DPD RI, Bapak Bustami Zainuddin asal Lampung, dapat bertemu langsung dengan Dirjen Fakir Miskin Kemensos RI, Jumat (2/4) lalu" sebut Kadissos.

Pada pertemuan tersebut, lanjut Zulfikar Irwan, perbaikan data Bansos yang sudah dilakukan oleh Dissos Lamteng, langsung diserahakan dan dan langsung diterima oleh Dirjen Fakir Miskin Kementrian Sosial RI

Dari hasil perbaikan data yang telah disampaikan itu, Zulfikar Irwan menyebutkan Kemensos RI akan menindaklanjuti hasil perbaikan dalam waktu yang tidak begitu lama.

"Harapan kami dengan sudah diperbaiki data ini, keluarga penerima manfaat (KPM) dapat menerima kembali bantuan sosial dari pusat, dan bantuan dapat tepat sasaran," imbuhnya.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved