Breaking News:

Universitas Lampung

Rektor Unila Terima Kunjungan SSDN PPRA LXII Lemhannas RI

 Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., beserta jajaran menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidik

ist
 Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., beserta jajaran menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Rabu, 7 April 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., beserta jajaran menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Rabu, 7 April 2021.

Anjangsana yang berlangsung di ruang sidang utama lantai dua Rektorat ini turut disaksikan kepala UPT Pengembangan Kerja Sama dan Layanan Internasional (PKLI) Unila), beserta jajaran pimpinan di lingkungan kampus baik secara daring via Zoom maupun luring.

Adapun pihak Lemhannas RI diwakili Laksda TNI Erman Syafril, S.H., M.M., selaku Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sismennas, Dr. Yulianus Pongtuluran, S.E., M.Ed.,
selaku Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas RI beserta jajaran, dan peserta LXII tahun 2021.

Kunjungan studi diadakan dalam rangka sharing knowledge terkait implementasi tata kelola kepemerintahan di Provinsi Lampung di masa pandemi Covid-19. Dilihat dari aspek pancagatra yakni, ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

Pada pertemuan itu Prof. Karomani menyampaikan beberapa hal di antaranya kebijakan dan sejumlah program yang dilakukan Unila di masa pandemi Covid-9. Unila dan pemerintah daerah Provinsi Lampung bersinergi menyosialisasikan pencegahan Covid-19 ke berbagai wilayah.

Sosialisasi khususnya digalakkan pada wilayah pertanian guna menjaga ketahanan pangan melalui mahasiswa Unila yang tengah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri di daerah asal mahasiswa.

Unila, kata rektor, memiliki komitmen untuk mencegah dan meminimalkan penyebaran pandemi Covid-19. Para mahasiswa yang tergabung dalam program KKN Mandiri ini proaktif melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat desa dengan tujuan lebih memahami protokol kesehatan dan upaya-upaya lain pencegahan Covid-19. “Jadi kita punya program yang betul-betul disinergikan dengan program Covid-19,” ujarnya.

Pada aspek lain, Rektor Unila juga mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Lampung untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada putra-putri daerah Lampung berkuliah di Unila.

Tak hanya itu, rektor juga terus berupaya menguatkan program penguatan budaya dalam rangka menekan radikalisme dan intoleran, serta meningkatkan program pelestarian budaya Lampung.

Di kesempatan yang sama Laksda TNI Erman Syafril, S.H., M.M., menyampaikan, studi strategis dalam negeri merupakan program kegiatan yang dirancang untuk memberikan kesempatan peserta memelajari dan mengkaji potensi daerah dan berbagai aspek permasalahan yang ditinjau dari aspek pancagatra dalam perspektif ketahanan nasional.

“Lemhannas RI memilih provinsi ini dengan harapan, bisa mengetahui tata kelola pemerintahan daerah dan permasalahan yang dihadapi. Sehingga, para peserta memiliki pemikiran tentang tata kelola pembangunan daerah di Provinsi Lampung serta kaitannya dengan ketahanan nasional,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata dari pihak Lemhannas RI, Unila, dan peserta PPRA LXII, serta sesi pemaparan materi. Pada kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan PTIK, Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., memaparkan materi “Peran Akademik dalam Tata Kelola Pemerintah Provinsi Lampung.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved