Breaking News:

Bandar Lampung

Wali Kota Eva Dwiana Isyaratkan Tetap Buka Tempat Wisata di Bandar Lampung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan sinyal lampu hijau untuk tempat wisata beroperasi pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Ilustrasi pengunjung tempat wisata Lengkung Langit berfoto di spot foto yang instagramable, Sabtu (19/12/2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan sinyal lampu hijau untuk tempat wisata beroperasi pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memberikan sinyal lampu hijau untuk tempat wisata beroperasi pada masa larangan mudik 6-17 Mei 2021.

"Kita lihat nanti pengetatan untuk di objek wisata seperti apa," kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Minggu (2/5/2021).

Eva menimbang, pengetatan tempat wisata harus beriringan dengan upaya perbaikan pendapatan daerah yang saat ini tengah dibangun.

"Kalau (tempat wisata) tutup, PAD (pendapatan asli daerah) akan terkena imbasnya," ucap Eva Dwiana.

Menyambung hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung M Yudhi menegaskan, wisatawan hanya dipersilakan untuk berwisata di objek-objek tertentu di daerah domisili.

Meski kegiatan wisata diperbolehkan selama masa larangan mudik, kata Yudhi, ia mengingatkan agar pengelola tempat wisata untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan, termasuk membatasi jumlah pengunjung.

"Seharusnya tetap bisa sejalan antara aktivitas pariwisata dan pencegahan Covid-19 Bandar Lampung."

"Selain itu juga, pintu masuk kota telah dilakukan penyekatan, sehingga wisatawan luar daerah akan sulit untuk masuk," sebutnya.

Sektor Pariwisata Belum Pulih

Sementara itu, Yudhi menyebut, sektor pariwisata di Bandar Lampung masih belum pulih seutuhnya akibat pandemi Covid-19.

"Pariwisata ini grafiknya naik turun sesuai dengan peta zona Covid-19, masih belum pulih," ucap M Yudhi.

Alasan tersebut, menurut Yudhi, menjadi satu di antara pertimbangan pemerintah setempat untuk tetap membuka tempat wisata di masa larangan mudik.

Selain untuk mengakomodir warga Bandar Lampung yang ingin berwisata, kata Yudhi, pendapatan daerah dari sektor pariwisata juga tetap terjaga.

"Kalau ditutup kasihan (tempat wisata), PAD juga akan berimbas," tandas M Yudhi. ( Tribunlampung.co.id / V Soma Ferrer )

Penulis: Vincensius Soma Ferrer
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved