Breaking News:

Tanggamus

4 Orang Masuk Tanggamus Dites Rapid Antigen, Hasilnya Negatif

Aparat gabungan menggelar Operasi Yustisi dan pengecekan di pos penyekatan Rest Area Pugung. 

Tribun Lampung/Tri Yulianto
4 Orang Masuk Tanggamus Dites Rapid Antigen, Hasilnya Negatif 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Aparat gabungan menggelar Operasi Yustisi dan pengecekan di pos penyekatan Rest Area Pugung

Menurut Kabag Operasi Polres Tanggamus Kompol Bunyamin,  penyekatan dilakukan bagi pemudik dari Jakarta atau sebaliknya. Untuk pemudik dilakukan tes rapid antigen di lokasi.

"Untuk rapid antigen dilakukan pada warga yang datang dari Palembang, Jakarta dan Bandung. Ada empat orang yang hasilnya negatif," kata Bunyamin.

Ia menambahkan, jika ada warga yang dari Jakarta tetapi warga Tanggamus tetap dilakukan rapid antigen. Selain itu diadakan pula pemeriksaan kendaraan bagi kendaraan dari luar Lampung. 

Misalnya kendaraan dari Jakarta,  Palembang dan Bandung atau daerah di Pulau Jawa lainnya. Semuanya diperiksa dan jika indikasi kurang sehat dilakukan pemeriksaan rapid antigen. 

Baca juga: Cegah Antrean, ASDP Ingatkan Pengguna Jasa Angkutan Swab Antigen di Tempat Asal 

"Kendaraan yang diperiksa sebanyak 55 unit, terdiri dari mobil pribadi 42 unit, bus dua unit, truk satu unit dan 10 sepeda motor," ujar Bunyamin.

Selain itu diadakan juga operasi penegakan protokol kesehatan dan memberikan sangsi bagi pelanggarnya. Total ada 25 orang yang terjaring melanggar protokol kesehatan. 

Sangsi pelanggar protokol kesehatan berupa sangsi fisik ada 10 orang, diberikan sanksi menyanyikan lagu Indonesia Raya lima orang dan kemudian teguran lisan ada 10 orang.

"Melalui penertiban protokol kesehatan diharapkan masyarakat dapat patuh dan terhindar dari Covid-19," kata Bunyamin

Untuk aparat yang terlibat dalam kegiatan ini totalnya berjumlah 70 personel terdiri dari TNI, POLRI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Puskesmas Rantau Tijang dan Kecamatan Pugung. 

Baca juga: Ada Rapid Test Antigen Gratis di Pintu Tol Desa Hatta Lampung Selatan

Sasaran pemeriksaan adalah kendaraan dari luar daerah Provinsi Lampung atau Kabupaten Tanggamus. Dalam pemeriksaan dilakukan pengecekan asal dan tujuan, kelengkapan persyaratan perjalanan berupa surat keterangan hasil swab atau rapid antigen. 

Serta dilihat penerapan protokol kesehatan, juga membagikan masker dan leaflet imbauan ketertiban lalu lintas. (tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved