Breaking News:

UMKM Lampung

Kuliner Lampung, Olahan Ikan Asin Gabus Keriting Tamrin Jadi Oleh-oleh Khas Sungai Badak Mesuji

Olahan ikan asin gabus keriting milik keluarga Tamrin yang tinggal di Desa Sungai Badak sudah turun-temurun dikembangkan.

Penulis: M Rangga Yusuf
Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Rangga
Ikan Asin Gabus Keriting Milik Tamrin saat dijemur di Desa Sungai Badak, Kabupaten Mesuji. Kuliner Lampung, Olahan Ikan Asin Gabus Keriting Tamrin Jadi Oleh-oleh Khas Sungai Badak Mesuji 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Olahan ikan asin gabus sudah menjadi lauk makanan khas bagi masyarakat di Desa Sungai Badak, Kabupaten Mesuji.

Tak heran, olahan ikan asin gabus keriting milik keluarga Tamrin yang tinggal di Desa Sungai Badak sudah turun-temurun dikembangkan.

Vika (31) istri dari Tamrin mengaku ikan asin gabus miliknya sudah banyak peminatnya, bahkan masyarakat di luar Provinsi ada yang membeli olahan ikan asin saat musim ikan gabus seperti saat ini.

"Banyak pembeli yang minta ikan asin gabus tamrin ini dari Jakarta, Cilegon, Bandar Lampung juga sering ambil ikan asin gabus tamrin ini," ujar Vika, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, ikan asin air tawar memang banyak peminatnya, ditambah ikan asin gabus miliknya memiliki keunikan dibandingkan ikan asin gabus produk lainya.

"Jadi bentuk ikan asin kami itu keriting, sehingga kalau kata pembeli ikan asin kami lebih gurih. Makanya mereka lebih meminta ikan asin gabusnya yang keriting," jelasnya.

Baca juga: Kuliner Lampung, Pecel Khas Kediri Mam Micke Cuma Rp 10 per Porsi

Lalu, kata dia, untuk mendapatkan kualitas ikan asin gabus keriting yang bagus, proses pengolahan harus dilakukan dengan takaran pas.

Seperti pencucian harus bersih, dan tidak menggunakan garam terlalu banyak.

Selanjutnya, terus dia, proses pembelahan ikan harus pas agar tulang ikan serta daging ikan dapat dipipihkan.

Untuk harga ikan gabus keriting Tamrin sendiri berat satu Kg, Vika menyebut satu dibanderol Rp 80 ribu.

Baca juga: Kuliner Lampung, Dapur Eiko di Mesuji Lampung Sediakan Seblak Sultan, Berani Coba?

Jika berminat membeli ikan asin gabus Tamrin dapat langsung mengunjungi tempat produksinya di Desa Sungai Badak, RK 4, Kabupaten Mesuji atau dapat menghubungi nomor +62 813-4526-4478 (Vika).

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved