Breaking News:

Kesehatan

Lebih dari Satu Kali PCR Masih Positif Covid-19? Ini Penyebabnya

Ada yang sudah menjalani PCR hingga lebih satu kali hasilnya masih positif Covid-19, padahal sudah tidak ada gejala Covid-19.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Soma
Ilustrasi - Ketua IDI Bandar Lampung dr Aditya M Biomed. Lebih dari Satu Kali PCR Masih Positif Covid-19? Ini Penyebabnya 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Seseorang dinyatakan positif atau negatif Covid-19, setelah menjalani PCR.

Namun, ada yang sudah menjalani PCR hingga lebih satu kali hasilnya masih positif Covid-19, padahal sudah tidak ada gejala Covid-19.

Mengapa bisa seperti itu?

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed menjelaskan seseorang yang tetap positif Covid-19 setelah lebih dari satu kali PCR memang sering terjadi.

Namun belum tentu hasil positif tersebut artinya Covid-19 masih aktif.

Bisa saja Covid-19 masih ada, hanya saja sudah berbentuk pecahan partikel gen covid-19 dan sudah tidak aktif lagi.

Baca juga: Apa Itu Reinfeksi Covid-19 dan Gejalanya

"Meskipun Covid-19 sudah berbentuk pecahan partikel gen dan sudah tidak aktif lagi, PCR akan tetap menunjukan hasil positif," ujar dr Aditya.

Untuk itulah saat ini untuk menyatakan Covid-19 sudah tidak aktif lagi dan secara klinis sudah dinyatakan sembuh, tak hanya dengan melihat hasil PCR positif atau negatif. 

Tapi juga melihat dari nilai CT (cycle threshold) yang tercantum di hasil PCR.

Kalau nilai CT sudah diatas 32 dan selama tiga hari tidak ada gejala covid-19 lagi, berarti Covid-19 sudah tidak aktif lagi, secara klinis sudah sembuh, dan kecil risikonya untuk menularkan ke orang-orang disekitarnya 

"Tinggal menunggu saja covid-19 benar-benar hilang dari tubuhnya. Biasanya hilangnya kalau nilai CT sudah diatas 40, dan ketika itu kalau PCR lagi hasilnya negatif," kata dr Aditya.

( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved