Breaking News:

Tulangbawang

Calhaj Tuba Kemungkinan Batal Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 200 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Tulangbawang kemungkinan akan kembali gagal untuk berangkat ke tanah suci.

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Sebanyak 200 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Tulangbawang kemungkinan akan kembali gagal untuk berangkat ke tanah suci guna menunaikan rukun Islam kelima ibadah haji.

Kepastian kembali tertundanya keberangkatan ratusan calhaj pada tahun ini, setelah pemerintah pusat mendapatkan informasi dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk tahun ini ibadah haji tidak dibuka untuk negara lain.

"Kepastian untuk berangkat atau tidaknya, kami masih menunggu diumumkan secara resmi dari Menteri Agama hari ini secara langsung. Kalau melihat sinyal dari Arab Saudi, ibadah haji tahun ini, hanya dilakukan untuk internal mereka disana," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tulangbawang Zainal Arifin dikantornya, Kamis (03/06/2021).

Sejatinya, kata dia, jika ibadah haji dibuka oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk umum, maka kloter pertama keberangkatan CJH dari Indonesia 16 Juni 2021 mendatang. 

Baca juga: Calhaj Lampura Naik 10 Persen, Jumlah Jamaah Calon Haji Tahun 2020

Sedangkan kloter pertama keberangkatan dari Tulangbawang, ia belum dapat diketahui karena belum terjadwal.

Ia menampik isu yang beredar, soal jamaah haji gagal berangkat karena dananya di pakai pemerintah. 

Menurut Zainal, karena penyebaran wabah virus covid-19 yang belum berakhir, jadi pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum membuka ibadah haji dari negara luar. 

"Jadi ini murni karena penyebaran wabah covid-19 yang belum berakhir, bukan karena ada alasan lain," tandasnya. (Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnaen)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved