Breaking News:

Bandar Lampung

Masuk dalam Cincin Api, Basarnas Siap Jaga Laut Lampung dari Bencana Alam

Badan SAR Nasional (Basarnas) berupaya menjaga keutuhan keselamatan warga Lampung dari bencana alam, lantaran Lampung masuk dalam kategori cicin api.

Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra
Deputi Saspras, Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsda TNI Suparmono didampingi Kepala Basarnas Lampung Jumaril saat ditemui di sela-sela kunjungannya ke pelabuhan Petikemas Panjang tempat bersandar KN Sar 224 Basudewa, Jumat (11/6/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan SAR Nasional (Basarnas) terus berupaya dalam menjaga keutuhan keselamatan warga Lampung dari bencana alam. 

Deputi Sarana Prasarana dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan (​SAR Nasional) Marsda TNI Suparmono mengatakan bahwa laut Lampung akan dijaga dari segala bencana.

"Saya pastikan bahwa KN Sar 224 Basudewa siap menjaga laut dan masyarakat Lampung dari bencana yang siap melanda, " kata Suparmono saat ditemui disela-sela kunjungannya ke pelabuhan Petikemas Panjang tempat bersandar KN Sar 224 Basudewa, Jumat (11/6/2021)

Suparmono sengaja datang ke Lampung bersama Direktur Sarana Prasarana BNPP (Basarnas) Marsma TNI Agus Sudarmanto untuk melihat kesiapan dan pemeliharaan KN Basudewa.

"Secara menyeluruh bahwa kapal ini sudah baik kondisinya dan memang membutuhkan penyempurnaan.  Basarnas selalu siap menghadapi bencana dan memang Provinsi Lampung merupakan ring of fire atau cincin api," ungkap Suparmono.

Baca juga: Wahdi Nilai Lomba Kelurahan Bermanfaat dalam Pembangunan

Suparmono menjelaskan ring of fire ini merupakan aktifitas seismik yang terdiri dari busur vulkanik dan parit-parit (palung) di dasar laut.

"Makanya Provinsi Lampung ini harus siap baik secara SDM-nya ataupun alat utama (alut) dan quick respon tinggi," kata Suparmono.

Dengan harapan, lanjut Suparmono, masyarakat bisa cepat tertolong itu dengan tinggi.

"Kita Basarnas hadir siap menjalankan misi kemanusiaan," sebut Suparmono

Lanjutnya, sesuai renstra setiap tahun akan ada penambahan kapal dan tahun ini ada 6 KN SAR di seluruh Indonesia, selain Lampung ada juga untuk Provinsi Banten, Medan, Surabaya, Maumere dan Tarakan. 

Baca juga: Pendaftaran PPDB 2021 di Bandar Lampung, Jadwal dan Jalurnya

"Kalan Kapal Negara (KN) selain Lampung pada pekan depan akan diresmikan penambahan armada baru tersebut dengan panjang 40 meter," kata Suparmono

Sementara Kepala Basarnas Provinsi Lampung Jumaril mengatakan adanya inspeksi ini dalam rangka kesiapan basarnas Lampung untuk merespon bencana di bumi ruwai jurai. 

"Beliau tadi melihat performanya KN Sar 224 ini serta melihat alat lainnya dikantor kami di Branti," kata Jumaril

Jumaril menuturkan, kedepannya akan diusulkan penambahan perlengkapan penyelamatan dan pertolongan baik untuk di darat atau diair. 

"Karena pada saat ini JTTS sudah berfungsi dan jika terjadi lakalantas di jalan tol maka dengan cepatnya langsung membantu evakuasi," tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra ) 

Penulis: Bayu Saputra
Editor: Hanif Mustafa
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved