Breaking News:

Tanggamus

BREAKING NEWS Diduga Terlibat Korupsi, Mantan Pj Kakon Terdana Ditahan Polisi

Polres Tanggamus menahan oknum mantan Penjabat (Pj) Kepala Pekon Terdana, Kecamatan Kota Agung berinisial MS lantaran didug terlibat korupsi dana desa

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Satreskrim Polres Tanggamus tahan oknum mantan Pj Kakon Terdana, Kec Kota Agung terkait penyelewengan Dana Desa 2019 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polres Tanggamus menahan oknum mantan Penjabat (Pj) Kepala Pekon Terdana, Kecamatan Kota Agung berinisial MS.

Menurut Kasubag Humas Polres Tanggamus Inspektur Satu M Yusuf, penetapan MS sebagai tersangka setelah Unit Tipidkor Satreskrim Polres Tanggamus melakukan pemeriksaan dan dilanjutkan gelar perkara.

"Setelah gelar perkara, tersangka diamankan selama 24 jam, selanjutnya dilakukan penahanan," kata Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Sabtu (12/6/2021)

Yusuf menjelaskan MS terjerat tidak pidana korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) ketika menjabat sebagai Pj Kakon Terdana, Kota Agung tahun 2019.

Saat itu pekon tersebut menerima Anggaran Dana Desa Rp 1,044 miliar lebih. 

Baca juga: Muda Mudi yang Indehoi di Semak-semak Bernasib Apes

"Diduga adanya penyelewengan dana tersebut yang dilakukan oleh Pj Kakon terhadap pengelolaan keuangan pekon dan pengadaan barang dan jasa yang tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan," jelas Yusuf. 

Lantas berdasarkan perhitungan dari laporan hasil perhitungan (LHP) terjadi ketidaksesuaian dari penggunaan dana dengan RAB, SPj, dan LPj pekon tersebut.

"Diduga menimbulkan kerugian negara senilai Rp 251,896 juta lebih," terang Yusuf.

Dalam perkara ini, Polres Tanggamus menindaklanjuti pelimpahan perkara dari Inspektorat Tanggamus.

Sebab dalam perencanaan Anggaran Dana Desa dilakukan pembinaan oleh Inspektorat.

Setelah masa pembinaan berakhir namun pihak yang bertanggungjawab tidak melaksanakan rekomendasi dari inspektorat maka kasusnya diserahkan ke aparat penegak hukum di dalamnya termasuk kepolisian. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved