Breaking News:

Tanggamus

Pekon Margomulyo Semaka Tanggamus Kini Teraliri Listrik

Rumah-rumah warga Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka, Tanggamus kini menikmati listrik.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyalakan KwH listrik di salah satu rumah warga Pekon Margomulyo, Semaka sebagai tanda peresmian pengoprasian Listrik Desa    

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Rumah-rumah warga Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka kini menikmati listrik. 

Hal itu setelah PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung (UID Lampung) membangun jaringan ke pekon tersebut dalam program Listrik Desa. 

Menurut Mimin Mila Sari, Senior Manager KKU UID Lampung, pihak PLN merasa bangga terhadap warga setempat sebab warga bergotong-royong bantu petugas PLN membawa peralatan, hingga akhirnya jaringan listrik bisa terpasang.

"Wilayah yang belum terisi listrik memang miliki banyak kendala, seperti akses jalan yang sulit. Sehingga kendaraan PLN yang angkut material kesulitan masuk. Saya terima kasih pada warga di sini yang antusias bergotong-royong bantu petugas PLN," kata Mimin mewakili I Gede Agung Sindu Putra, General Manager UID Lampung, Rabu (16/6/2021).

Ia menambahkan, memang dalam rangka Program Indonesia Terang, Pemkab Tanggamus juga terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi agar masyarakat Tanggamus bisa 100 persen menikmati listrik. 

"Di Kabupaten Tanggamus saat ini telah mencapai rasio elektrifikasi di atas 90 persen dan rencana tahun 2023 sudah capai 100 persen," ujar Mimin.

Ia mengaku, selain listrik dari PLN, pihaknya juga mengupayakan energi alternatif, salah satunya PLTS untuk daerah terpencil. Saat ini di Tanggamus miliki 11 PLTS yang terbesar di Kecamatan Kelumbayan, Pematang Sawa. 

"Kami akan terus berupaya meningkatkan kehandalan jaringan listrik dan dapat mengantisipasi terjadinya gangguan listrik akibatkan fenomena alam seperti pohon tumbang, banjir, tanah longsor dan lain-lain," jelas Mimin.

Ia pun berharap dinas terkait dari Pemkab Tanggamus dapat kerjasama dan bantu memfasilitasi sehingga permasalahan dan kendala seperti yang terjadi di Pekon Margo Mulyo teratasi. 

"Pada masyarakat saya minta agar manfaatkan dengan baik listrik yang ada, jaga dan rawat jaringan listrik yang sudah terbangun, agar selalu aman dan berfungsi baik. Seperti sukarela bantu bersihkan dan menyingkirkan tanaman pengganggu dan bahayakan jaringan listrik," kata Mimin. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved