Breaking News:

Tulangbawang

Uji Coba Tapping Box di Dua Kecamatan oleh Pemkab Tulangbawang Belum Maksimal

Uji coba penggunaan tapping box di sejumlah tempat usaha di wilayah Kecamatan Bajar Agung dan Bajar Margo Kabupaten Tulangbawang dinilai belum maksima

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id/Anung
Ilustrasi - Seorang karyawan rumah makan di Kotabumi menunjukkan Tapping box. Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menguji pemanfaatan tapping box di sejumlah tempat usaha di dua kecamatan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG – Uji coba penggunaan tapping box di sejumlah tempat usaha di wilayah Kecamatan Bajar Agung dan Bajar Margo Kabupaten Tulangbawang dinilai belum maksimal.

Pasalnya, sejauh ini para pelaku usaha yang sebagian besar usaha rumah makan dinilai belum siap untuk penerapan pemasangan tapping box ditempat usahanya.

Kabid Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian, Agus Arianto mengatakan, dari hasil evaluasi yang dilakukan sejak pemasangan tapping box pada Oktober 2020 lalu di 25 titik tempat usaha.

Banyak pelaku usaha yang mengeluh lantaran takut jumlah konsumen yang datang menurun.

Padahal, 25 alat yang dipasang itu merupakan tahap uji coba untuk mendongkrak pendapatan daerah melalui sektor pajak dari rumah makan, tempat hiburan, dan resto. 

Baca juga: Polres Pringsewu Gelar Bakti Sosial Donor Darah Peringati HUT Bhayangkara ke-75

"Sekitar 20 persen atau baru ada lima yang aktif dan maksimal. Mereka (pelaku usaha) mengeluh karena sejak dipasang tapping box itu takut pelanggan yang datang menurun, karena dikenakan pajak kepada konsumen," ungkap Agus dikantornya, Rabu (23/6/2021).

Karenanya kata Agus, pihaknya butuh energi ekstra memberi pemahaman kepada para pelaku usaha agar memenuhi kewajiban pajak yang di setor ke kas negara.

Namun, Agus belum dapat merinci 25 tempat usaha yang dipasang tapping box, karena saat ini sedang tahapan uji coba atau bentuk sosialisasi. (Tribunlampung.co.id/Endra Zulkarnaen)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved