Breaking News:

Mesuji

UPTD Museum Ketransmigrasian Lampung Himpun Koleksi Peninggalan Transmigrasi di Mesuji 

Tim monitoring UPTD Museum Ketransmigrasian Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mesuji, Selasa (22/6/2021).

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: soni
Dokumentasi
 Pengumpulan benda koleksi museum yang berkaitan dengan Transmigrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Tim monitoring UPTD Museum Ketransmigrasian Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mesuji, Selasa (22/6/2021).

Kepala UPTD Museum Ketransmigrasian Provinsi Lampung Hana Kurniati, mengatakan pihaknya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mesuji untuk pengumpulan data terkait benda-benda koleksi museum yang berkaitan dengan transmigrasi.

"Kami telah mendata benda koleksi puluhan tahun yang masih tersimpan oleh sebagian warga Mesuji. Seperti alat pertanian yang digunakan pada masa transmigrasi puluhan tahun yang lalu," ujar Hana.

Menurutnya, pengumpulan data benda masa transmigrasi ini akan didokumentasikan ke Museum Nasional Ketransmigrasian yang berlokasi di Desa Bagelen, Gedong Tataan, Pesawaran.

"Kabupaten Mesuji merupakan daerah transmigrasi. Di sini sudah berdiri berbagai sarana dan prasarana, pemukiman, dan pusat ekonomi. Padahal dulu wilayah Mesuji ini adalah hutan belantara," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Mesuji Keluarkan Surat Edaran Larangan Mudik Bagi ASN

Salah seorang warga transmigrasi yang sudah lama tinggal di Kabupaten Mesuji Martono, menyebut sejak 1982 dirinya tinggal di Mesuji. Yang sebelumnya berasal dari daerah Gedong Tataan, Pesawaran.

"Sudah 39 tahun saya tinggal di Mesuji ikut program transmigrasi. Dan saya masih menyimpan alat pertanian yang saya gunakan pada masa itu," ujarnya.(Tribunlampung.co.id /M Rangga Yusuf)

 
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved